(Foto: freepik)

Sabigaju.com – Instagram bisa dibilang menjadi sosial media yang paling digandrungi saat ini. Melihat hal itu, Instagram kerap menghadirkan fitur-fitur baru yang bertujuan untuk memanjakan penggunanya. Beberapa fitur tersebut memudahkan dan membuat interaksi antara pengguna dan audiensnya menjadi lebih fun!

Nah, penasaran kan apa saja fitur yang telah dihadirkan Instagram selama tahun 2018 ini? Simak selengkapnya!

Menu ‘mute’ untuk akun yang kamu follow

Sobat Sabi pastinya pernah terpaksa follow akun tertentu karena teman yang meminta atau karena alasan lainnya. Berhubung bukan kemauan sendiri, terkadang akun yang kamu follow mungkin kurang menyenangkan dan tidak ingin kamu lihat postingannya. Solusinya bukan dengan unfollow, tetapi pilih menu mute sehingga kamu tak perlu melihat unggahan konten dari akun tersebut.

Instagram Storiesmu Bakal Makin Keren, Tunggu Kehadiran Fitur Ini!

Instagram menghadirkan menu ini sekitar bulan lalu. Fitur ini merupakan hal baru yang Instagram tawarkan agar pengguna memiliki kontrol lebih untuk mengatur feed mereka di halaman Home.

Menambahkan username dan hashtag pada bio

Sebelumnya, hanya link saja yang aktif saat ditambahkan pada bio akun Instagram kita. Sekarang, username dan hashtag juga bisa kamu tambahkan dan aktif sehingga audiensmu bisa langsung klik username atau hashtag tersebut. Fitur clickable link pada username dan hashtag yang kamu cantumkan pada bio Instagram itu membantu audiens untuk menelusuri lebih mudah. Namun perlu diingat, menyantumkan hashtag di bio tidak membuat akunmu menjadi lebih searchable.

Filter Anti Bullying

Seperti kita tahu, ibu jari netizen sering disebut lebih jahat ketimbang ibu tiri! Dan pedasnya komentar netizen seringkali mengarah ke tindakan bullying. Mungkin karena itulah, Instagram berkomitmen untuk membuat penggunanya lebih nyaman dengan menghadirkan fitur berupa filter anti bullying.

Mengacu pada pengumuman terbaru dari F8 Conference, Instagram akan menyembunyikan akun yang dianggap mempromosikan hate speech atau pelecehan kepada orang lain. Di saat yang bersamaan, Instagram juga mengumumkan filter anti bullying yang dibuatnya. Dilansir dari Later.com, Instagram mengeluarkan pernyataan khusus untuk filter tersebut pada F8, “this new filter hides comments containing attacks on a person’s appearance or character, as well as threats to a person’s well-being or health.”

Selain fitur-fitur menarik untuk Instagram post (feed), Instagram juga terus mengupgrade fitur di Instagram Story. Tak heran kalau Instagram Story semakin membuat orang kecanduan saat ini. Nah, selama 2018 ini ada banyak fitur baru yang mereka hadirkan. Berikut ini beberapa di antaranya!

(Foto: freepik)

Focus Potrait-Mode Camera

Sekitar satu atau dua bulan yang lalu Instagram menghadirkan fitur menarik di Insta story yaitu, focus potrait-mode camera. Fitur ini membantu pengguna untuk mendapatkan hasil foto dengan background bokeh yang diambil melalui kamera Instagram story. Fitur yang menarik dan pastinya digandrungi oleh banyak pengguna. Sayangnya, fitur ini baru tersedia untuk pengguna iPhone saja. Pengguna Instagram yang mengakses melalui smartphone android belum bisa mencicipinya.

Repost Instagram Stories

Sobat Sabi pasti juga pernah merepost Instagram stories teman dengan cara screen capture atau mengandalkan screen recorder. Sekarang tak perlu repot lagi. Kamu bisa langsung mengandalkan fitur baru yang dihadirkan oleh Instagram, repost Instagram stories. Kembali lagi, fitur ini hadir juga untuk memudahkan pengguna sehingga lebih nyaman dan terbantu saat ingin mengunggah ulang konten Instagram dari akun lain.

Re-share Instagram Post to Story

Beberapa waktu lalu Instagram diprotes karena algoritma yang diterapkan membuat konten sulit untuk menjangkau lebih banyak audiens. Bahkan seringkali postingan kita tidak muncul di halaman home akun teman. Salah satu tips untuk membuat postingan tersebut lebih banyak dilihat orang adalah dengan menginformasikan adanya postingan terbaru di feed melalui unggahan Instagram story.

4 Cara Apik untuk Engagement Ring Selfies yang Instagramable

Untuk itu, kini Instagram hadir dengan fitur terbarunya yaitu, re-share Instagram post to story. Fitur ini benar-benar membantu dan konten yang dibagikan pun clickable sehingga audiens bisa langsung mengunjungi halaman postingan tersebut dengan klik gambar di Insta-story. Praktis kan?

Share Lagu Favoritmu dari Spotify

Lagi-lagi fitur menarik yang dihadirkan oleh Instagram ini seperti mendengar kebutuhan para penggunanya. Seperti kita tahu, banyak yang suka mengunggah lagu melalui Insta story dan sekarang kamu bisa melakukannya dengan mengunggah lagu favoritmu juga! Tinggal klik menu di lagu favoritmu dan share di Instagram story.

Selama tahun 2018 ini Instagram memang terus menerus melakukan peningkatan melalui beragam fitur yang dirilis. Percaya atau tidak, tidak semua fitur yang mereka tawarkan pun langsung disukai oleh pengguna. Namun tampaknya Instagram benar-benar sadar bahwa saat ini persaingan di dunia aplikasi smartphone semakin ketat. Tak bisa berhenti berinovasi karena bisa jadi lengah sedikit popularitas pun akan menurun dan aplikasi ditinggalkan oleh para penggunanya.

Kalau menurut Sobat Sabi, dari semua fitur baru tersebut, mana sih yang paling kamu suka? (Sbg/Erny)

Comments