Sabigaju.com – Puasa sejatinya menahan diri dari lapar dan haus dari sahur hingga waktu berbuka. Pada umumnya, sahur dilakukan sebelum matahari terbit dan waktu berbuka dilakukan sebelum matahari terbenam. Di Indonesia sendiri, umumnya waktu berpuasa adalah 14 jam.

Namun, ternyata tidak semua kota di dunia menjalankan waktu berpuasa selama 14 jam. Bahkan, ada yang sampai 22 jam! Kota apa saja itu? Mari Sobat Sabi simak daftar 5 negara dengan durasi puasa terlama di dunia.

BACA JUGA: Stamina Puasa Menurun Gara-gara Sakit Mag? Mungkin Ini Sebabnya!

1. Finlandia

Negara dengan waktu puasa terlama sepertinya diraih oleh Finlandia. Pasalnya, penduduk muslim di negara ini harus siap berpuasa dengan durasi 23 jam sehari. Jadi, penduduk muslim mulai berpuasa pada pukul 01.00 dan baru berbuka pada pukul 24.00.

Bahkan, pada tahun 2016 silam umat muslim di Finlandia berpuasa hingga 23 jam 5 menit. Hal tersebut bisa terjadi lantaran waktu matahari terbit dan terbenam hanya sebentar, yaitu hanya sekitar 55 menit saja.

2. Islandia

Islandia dikenal sebagai negara dengan penduduk muslim terkecil di dunia. Jika dihitung, penduduk muslim di Islandia hanya sekitar 770 orang. Namun, jumlah penduduk muslim yang kecil ternyata berbanding terbalik dengan durasi puasa di sana.

Nyatanya, penduduk muslim di Islandia harus menahan lapar dan haus selama 20 jam 56 menit dalam sehari. Hal itu bisa terjadi lantaran matahari tenggelam hanya dalam waktu beberapa jam saja. Jadi, mereka melakukan sahur sekitar jam 03.00 dan berbuka puasa jam 24.00 waktu setempat. Namun, lambat laun penduduk muslim di Islandia mulai mengikuti waktu Mekkah untuk berpuasa, yang berdurasi sekitar 15 jam.

3. Greenland

Greenland juga memiliki waktu puasa yang tak kalah panjangnya dengan Islandia. Di Bulan Ramadan, umat Islam di Greenland harus berjuang menahan lapar dan haus dalam waktu sekitar 21 jam. Ini berarti, mereka mulai sahur pada jam 02.16 dan berbuka pada pukul 23.14.

Namun, itu sudah tidak jadi soal lagi. Bagi umat muslim yang tidak kuat menjalankan puasa selama 21 jam, mereka bisa menggunakan waktu puasa di Mekkah sebagai alternatif. Dengan durasi yang lebih pendek, umat muslim di Greenland bisa berpuasa selama 15 jam.

4. Alaska, AS

Alaska memiliki waktu yang paling unik saat berpuasa. Alaska menjadi tempat yang memiliki waktu berpuasa terpanjang sekaligus terpendek. Hal tersebut bisa terjadi tergantung musim yang berlangsung saat Bulan Ramadan tiba.

BACA JUGA: Enggak Bikin Haus, Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

Jika di Alaska sedang mengalami musim panas saat berpuasa, maka durasi berpuasa di Alaska akan sangat panjang. Total durasi puasa yang dialami oleh penduduk muslim di Alaska saat musim panas adalah 20 jam. Namun, jika di Alaska sedang musim dingin, durasi puasa di Alaska akan menjadi sangat pendek, yaitu sekitar 5 jam saja.

5. Swedia

Tidak jauh berbeda dengan Islandia dan Greenland, Swedia juga mengalami waktu puasa terpanjang di dunia. 550.000 penduduk muslim Swedia melakukan puasa selama 19 jam 15 menit. Mereka memulai sahur sekitar jam 03.00 dan melakukan buka puasa pada jam 24.00.

Tantangan penduduk muslim Swedia tidak hanya durasi puasa yang lama. Penduduk muslim Swedia harus menghadapi cuaca ekstrim saat melakukan ibadah puasa. Meskipun kondisi dan durasi yang panjang, tapi sepertinya penduduk Swedia tetap khusyuk menjalankan puasa karena sudah terbiasa. (sbg/Erny)

Comments