Berhutang
Sangat disayangkan apabila orang berhutang karena alasan yang tidak jelas seperti karena perilaku boros, ikut-ikutan mengikuti trend dan gaya hidup dan sebagainya. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Jelang Lebaran 2019, kamu harus pintar dalam urusan mengelola pengeluaran keuangan Hal ini untuk mencegah kamu berhutang uang kepada orang lain

Umumnya seseorang berhutang karena ingin memenuhi kebutuhan namun karena satu alasan, pemenuhannya bukan dari sumber pendapatan. Hal ini memaksa dirinya untuk menggunakan sumber pendanaan dari pihak lain.

Sangat disayangkan apabila orang berhutang karena alasan yang tidak jelas seperti karena perilaku boros, ikut-ikutan mengikuti trend dan gaya hidup dan sebagainya.

Nah ada hal yang kamu harus ketahui dalam urusan berhutang. Urusan meminjam uang ternyata dapat membatalkan puasa lho. Lalu, apa saja perbuatan yang membuat puasa Anda menjadi batal? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

BACA JUGA: Mengatasi Hutang Usai Merayakan Lebaran

Tak Dikembalikan

Sejatinya, kalau kamu berhutang uang kepada orang lain, haruslah dikembalikan. Kecuali kalau terucap oleh peminjam bahwa Anda tidak perlu mengembalikannya.

Ibadah puasa yang kamu jalani bisa batal ataupun tidak mendapatkan pahala saat kamu tidak mengembalikan uang yang kamu pinjam dalam tempo yang telah dijanjikan.

Oleh karenanya hutang harus segera dibayar sebelum kita meninggal. Sangat perlu diperhatikan bagi satu keluarga, apabila seorang istri atau suami berhutang kepada orang lain maka dia harus memberitahukan tentang hutangnya kepada pasangannya tersebut.

Tujuannya adalah agar apabila salah satu dari keduanya meninggal sebelum sempat melunasi hutang maka pasangannya dapat melunasi hutang tersebut.

BACA JUGA: Cara Aman Nagih Hutang ke Temen

Pinjam Uang dengan Basis Riba

Hindari meminjam uang dengan bunga yang berlebihan. Jika kamu meminjamkan uang berarti membantu untuk meringankan seseorang dari urusannya.

Namun, saat kamu meminjamkan uang dengan bunga tinggi, sama saja Anda menambah beban orang tersebut.

Pinjam Uang Menggunakan Nama Orang Lain

Berhutang merupakan tanggung jawab diri sendiri. Berapa jumlah yang kamu pinjam maka sejumlah itu pula pinjaman harus dikembalikan.

Nah, apabila pinjam uang menggunakan nama orang lain, bisa saja pihak yang meminjam melimpahkan tanggung jawab dan menghindari kewajibannya membayar.

BACA JUGA: Fintech Keren Buat Milenial, Dari Beramal Hingga Memulai Bisnis 

Berhutang Tapi Berkata Kasar

Memaki seseorang akan menghilangkan pahala ibadah puasamu, terutama sambil memaki-maki mereka.

Kamu harus rendah hati saat meminta sesuatu. Saat kamu berkata kasar, kamu juga akan menyulut emosi orang lain dan membatalkan puasanya.

BACA JUGA:  Apakah Pria yang Sering Berbohong Sudah Pasti akan Selalu Berbohong?

Berbohong

Berbohong agar mendapatkan pinjaman adalah hal yang paling sepele namun dapat membatalkan puasa.

Jangan sampai kamu harus membohongi diri sendiri dan orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Itulah alasan-alasan mengapa berhutang bisa bikin puasa kamu batal. (Sbg/Rig)

Comments