Sabigaju.com – Berhubungan intim dengan istri saat bulan puasa? Emang boleh? Boleh, dong. Yang enggak boleh itu adalah berhubungan seks saat sedang berpuasa.

Artinya, kamu boleh melakukan hubungan seks dengan pasangan sah kamu saat sudah berbuka. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa berhubungan intim dengan istri walau saat bulan Ramadan tetap merupakan ibadah.

Walau begitu ada beberapa anjuran dan ketetapannya. Kalau kamu enggak mematuhinya, ada hukuman atau kafarat berupa pembebasan budak, mengganti puasa dua bulan berturut-turut, dan memberi makan 60 orang miskin (Hadist Abu Hurairah).

Tentu ini karena puasa bukan hanya soal tidak makan dan minum, tapi juga menjaga hawa nafsu berupa syahwat. Lalu, gimana sih ketentuannya biar puasa kamu tetap aman?

Waktu yang dianjurkan adalah setelah berbuka dan sebelum tidur (Konsultasi syariah). Jangan lupa juga nih, untuk mandi wajib agar bisa beribadah kembali berpuasa di esok harinya.

BACA JUGA: Banyaknya Kuantitas Bercinta Bukan Jaminan Bahagia

Lakukan Paska Berbuka Puasa

Ini agar kamu tetap sehat. Coba bayangkan ketika perut sedang penuh-penuhnya, kamu memaksa untuk berhubungan intim.

Tentu enggak akan enak rasanya. Jadi, cobalah tunda minimal dua jam setelah berbuka agar perut beristirahat dulu.

Minta Kesediaan Istri

Kamu juga enggak bisa memaksa istri. Coba minta kesediaannya sebelum berhubungan intim.

Sebab, beberapa orang akan merasa tubuhnya sangat lelah selama seharian berpuasa. Apalagi kalau istri bekerja atau seharian penuh menjaga anak yang masih balita.

BACA JUGA: 4 Masalah Psikologis yang Bisa Membuat Pria Kehilangan Gairah Bercinta 

Pola Makan Sehat

Seperti yang kita tahu, berpuasa artinya tubuh sedikit kekurangan asupan. Untuk bisa berhubungan intim secara optimal, kamu harus tetap memperhatikan pola makan sehat seperti asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lainnya.

BACA JUGA: Menyelesaikan Pekerjaan Rumah Bikin Hasrat Bercinta Makin Menggelora

Istirahat yang Cukup

Pastikan juga kamu harus tetap beristirahat dengan cukup. Ini karena waktu istirahat biasanya akan sedikit berkurang karena sahur. Sempatkan diri untuk beristirahat di sela-sela aktivitas kamu.

Jadi, sudah paham ya bagaimana ketentuan dalam berhubungan intim ketika bulan puasa. Selamat menunaikan ibadah bersama istri di bulan puasa. (Sbg/Dinda)

Comments