hubungan serius

Sabigaju.com – Menjalin hubungan serius jangka panjang dengan pasangan tentu menjadi idaman setiap orang, termasuk Anda. Namun, untuk berhasil dalam membina hubungan jangka panjang dibutuhkan beberapa cara. Bukan hal yang mudah untuk mempertahankan hubungan.

Dua orang dengan dua isi kepala berbeda kerap harus saling memahami satu sama lain. Untuk Anda yang penasaran bagaimana tips agar berhasil dalam membina hubungan jangka panjang dengan pasangan, berikut ini tips selengkapnya!

1. Siap dengan Perubahan

Jika tujuan Anda ingin berhasil membina hubungan serius, maka siap dengan perubahan adalah sesuatu yang penting. Menghabiskan banyak waktu bersama berarti memungkinkan Anda untuk menemui perubahan-perubahan pada diri pasangan. Mulai dari pola pikir hingga tujuan hidup, bahkan penampilan juga mungkin akan mengalami perubahan.

Selama perubahan tersebut positif dan Anda tidak mudah mengucapkan, “kamu berubah tidak seperti dulu lagi”, maka hubungan jangka panjang lebih mudah untuk diwujudkan.

2. Memiliki Tujuan Hidup yang Sama

Maksud poin ini bukan berarti kalau pasangan kerja di bank, Anda juga harus kerja di bidang tersebut. Namun, lebih kepada Anda dan pasangan memiliki tujuan hidup yang sama. Sama-sama ingin bersama dan sama-sama saling mendukung karir masing-masing. Hal ini penting sekali untuk dibahas karena tidak sedikit pasangan yang kandas hubungan di tengah jalan hanya karena perbedaan tujuan hidup.

So, kalau Anda dan pasangan sudah memiliki tujuan yang sama, kini tinggal saling mendukung dan menanti waktu tepat untuk menginjakkan kaki di jenjang berikutnya.

3. Saling Terbuka Tentang Masalah yang Dihadapi

Saling terbuka tentang masalah satu sama lain juga menjadi indikator penting untuk membina hubungan jangka panjang. Dengan cara ini Anda dan pasangan akan lebih mengenal satu sama lain sehingga tingkat saling memahami pun meningkat.

Di samping itu, terbuka juga membuat Anda dan pasangan belajar menyelesaikan masalah bersama. Karena hidup itu isinya masalah, jadi kalau Anda ingin membina hubungan jangka panjang Anda harus siap menyelesaikan masalah bersama pasangan.

4. Mengutamakan Kejujuran

Anda pasti tidak hanya sekali dua kali mendengar omongan kalau sekali berbohong biasanya akan sering berbohong. Oleh karena itu, hubungan jangka panjang sangat memerlukan kejujuran. Kejujuran ini tidak sekadar soal selingkuh atau tidak. Lebih dari itu, jujur apa yang kita rasakan, jujur apa yang Anda pikirkan pada pasangan, dan jujur tentang apa yang Anda dan pasangan suka serta tidak disukai juga termasuk dalam poin ini.

Sekilas terlihat berat, tetapi mengutamakan kejujuran memang sangat penting bila Anda ingin berhasil membina hubungan jangka panjang.

5. Mampu Mengatasi Kebosanan

Hidup bersama dengan orang yang sama bertahun-tahun pasti terdengar menyenangkan sekaligus menegangkan. Untuk Anda yang masih pacaran mungkin kebosanan lebih mudah diatasi karena belum tinggal seatap. Beda cerita dengan Anda yang sudah menikah.

Bertemu setiap hari, melalui hari-hari bersama, berbagi cerita dengan orang yang sama, dan menghadapi hal-hal kecil yang menyebalkan dari si Dia bisa membuat Anda bosan. Anda memang dituntut untuk kreatif mengatasi kebosanan dalam hubungan karena menurut Mark Manson, penulis buku The Subtle Art of Not Giving a F**ck mengungkapkan rahasia hubungan untuk bertahan lama yang dibutuhkan adalah skill mengatasi kebosanan.

Anda tentu setuju karena tidak sulit untuk kita mencari contoh hubungan yang kandas hanya karena kebosanan melanda.

Nah, salah satu cara mengatasi kebosanan adalah dengan menyepakati adanya personal time dengan pasangan. Personal time ini dimaksudkan agar Anda dan pasangan timbul rasa kangen sehingga kebosanan pun hilang dengan sendiri. Bagi Anda yang masih dalam tahap pacaran, personal time bisa didapat dengan cara hangout bareng sahabat, solo travelling, atau melakukan hobi. Cara ini cukup efektif sehinggal layak Anda coba.

Lima tips di atas hanyalah sebagian cara agar membina hubungan serius jangka panjang dengan pasangan bisa berhasil. Pastinya masih ada tips lainnya yang bisa Anda terapkan. Tapi untuk permulaan, yuk coba terapkan kelima tips tersebut. Selamat mencoba! (Sbg/Er)

Comments