menikah muda

Sabigaju.com – Saat ini tren menikah di usia muda kembali marak terjadi. Karena kaum millenials cenderung lebih cepat dalam akselerasi penghasilan, sehingga berpengaruh juga pada rasa pede untuk membangun rumah tangga, walau usia masih terhitung muda.

Sebenarnya tidak apa-apa sih sob kalau kamu memutuskan untuk menikah muda bersama pasanganmu. Namun, karena menikah itu “once in a lifetime” jadi pastikan kamu benar-benar siap.

Tapi kira-kira persiapan apa saja sih yang harus dilakukan agar mantap melaju menikah di usia muda?

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menikah Muda

Untuk yang berencana menikah di usia muda, ini dia beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan supaya pernikahan kalian akan langgeng antara lain:

1. Mentalitas

Maksud mental di sini adalah kemampuan seseorang untuk menerima perubahan, mental untuk menghadapi masalah dan menyelesaikannya.

Karena dalam pernikahan kalian akan menjalani setiap keadaan dengan bersama, ada tahap “the meeting of two souls” dimana segala apapun semuanya sudah bersama dan itu membutuhkan adaptasi tingkat tinggi dari masing-masing pihak.

Tanyakan kepada dirimu, apakah kamu benar-benar siap menyerahkan hidupmu untuk dibagi bersama orang yang kamu cintai selamanya, dalam segala situasi? Kalau jawabannya iya, go ahead.

2. Finansial

Aspek keuangan adalah hal wajib yang perlu kamu persiapkan dalam hal menjalankan pernikahan. Baik berupa tabungan atau pekerjaan/penghasilan yang tetap adalah modal yang perlu dipunyai bersama. Karena dalam pernikahan, peran orang tua dalam membantu hanya sekali-sekali, malah ada yang tidak pernah sama sekali.

Untuk kalian yang masih khawatir dengan penghasilan yang terlalu berkecukupan maka tidak perlu khawatir karena seringkali ketika sudah menikah kamu akan lebih terpacu untuk mencari penghasilan lebih. Tapi kalian harus perbaiki motif, doa, dan usaha ya.

Hal ini didukung oleh American Community Survey 2008-2010 yang mengatakan bahwa laki laki yang menikah di umur 20-an adalah mereka yang akan  mempunyai pendapatan yang tertinggi di umur 30-an. Pada data ini juga ditemukan bahwa laki-laki yang menikah ternyata akan mempunyai penghasilan yang lebih tinggi daripada laki-laki yang single.

3. Kualitas Komunikasi

Seorang penulis terlaris dari New York Times Kerry Patterson mengatakan bahwa seorang pasangan yang berdebat secara efektif akan 10 kali lebih bahagia daripada yang sembunyi-sembunyi.

Menurut Kerry Patterson, penulis terlaris New York Times, “Pasangan yang berdebat secara efektif pada umumnya 10 kali lebih bahagia daripada mereka yang menyembunyikan masalah-masalah mereka.”

Kalian yang memutuskan untuk menikah muda wajib untuk membicarakan segala masalah sebagai wujud keterbukaan kamu terhadap pasangan. Bahkan untuk masalah sekecil apapun akan lebih baik kalian komunikasikan dengan pasangan.

Karena komunikasi adalah salah satu aspek terpenting untuk membina kualitas hubungan pernikahan kalian.

Kerry Patterson dalam penelitiannya juga mengatakan bahwa jangan sampai kalian menghindari perdebatan dengan pasangan karena dampaknya bisa menjadi gletser yang bisa membahayakan hubungan kalian sendiri loh sob.

Jadi kamu sendiri mau menikah muda atau nanti-nanti saja? Atau malah masih jomblo nih sob? (Sbg/Ary)

Comments