berciuman
Sudah jadi rahasia umum jika berciuman merupakan hal yang wajar ketika menjalin hubungan dengan seseorang. Ternyata, berciuman memiliki banyak khasiat tak hanya untuk hubungan, namun juga untuk kesehatan. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Saat menjalani hubungan dengan pasangan, salah satu menunjukkan ketertarikan antara satu sama lain adalah dengan kontak fisik. Yang paling banyak terjadi dalam suatu hubungan adalah berciuman.

Banyak orang yang menghubungan bercumbu dengan seksual, namun ternyata ciuman memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan hubungan Anda sendiri. “Berciuman adalah isyarat yang intim dan membantu memperdalam cinta dan hubungan seseorang,” kata Madeleine Mason, seorang pakar pelatih dan pakar hubungan.

Hal ini dikarenakan saat berciuman manusia melepaskan hormon dopamin dan oksitosin yang membuat seseorang merasa lebih baik, menurunkan tingkat stress dan meningkatkan sebuah hubungan.

Selain itu, bercumbu juga memiliki manfaat lain bagi manusia. Berikut beberapa manfaatnya :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan bercumbu, seseorang berbagi sekitar 80 juta bakteri melalui air liur. Walaupun terdengar tidak sehat, sebuah penelitian menemukan bahwa berciuman meningkatkan kekebalan wanita dari Cytomegalovirus.

Cytomegalovirus atau CMV adalah kelompok virus yang dapat menginfeksi manusia dan menimbulkan penyakit. Biasanya virus ini tidak berberbahaya atau tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia karena sistem kekebalan tubuh kita dapat mengendalikan infeksi virus tersebut.

2. Berciuman Mengurangi Rasa Cemas

Beberapa orang mengklaim berciuman memiliki manfaat serupa dengan meditasi yaitu membuat seseorang merasa lebih tenang. Seperti dilansir dalam independent.co.uk, berciuman dapat mengurangi kecemasan dan tingkat stress seseorang. Hal ini dikarenakan saat melakukannya, seseorang menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan kadar serontonin pada otak.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Bibir manusia mengandung pembuluh darah yang akan membesar ketika sedang bercumbu. “Darah akan diarahkan ke wajah dan dijauhkan dari tubuh, sehingga permintaan darah kepada jantung menurun dan menghasilkan tekanan darah rendah,” kata Ryan Neinstein,ahli bedah di Kota New York.

BACA JUGA:

Tekanan darah anda akan lebih menurun apabila jantung sedang berdebar karena ciuman yang bergairah. Hal ini dikarenakan meningkatnya aliran darah yang juga berkontribusi untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Membentuk Otot Wajah dan Baik untuk Kesehatan Gigi

Saat berciuman, manusia menggunakan hingga 30 otot di wajahnya. Oleh sebab itu, saat bercumbu dengan pasangan otot yang digunakan akan membentuk otot-otot wajah. Selain itu, ciuman juga membantu menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi karena manusia menukar air liurnya dengan orang lain dan meningkatkan aliran air liur ketika melakukannya. Sehingga, memiliki banyak air liur di mulut dapat membantu anda untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang terdapat pada gigi.

5. Memperkuat Hubungan dengan Pasangan

Saat berciuman, manusia melepaskan hormon oxytocin yang sering disebut dengan ‘hormon cinta’. Sebuah penelitian menunujukkan, ‘hormon cinta’ tersebut seseorang yang sedang menjalani hubungan monogami akan tetap setia dan membuatnya lebih percaya terhadap pasangan.

Selain itu, bercumbu juga melepaskan dopamine yang memperkuat ikatan romantis. “Berciuman sangat penting bagi sebuah hubungan karena itu membuat keintiman dan romantisme berlangsung,” kata Jo Barnet, seorang ahli hubungan. Ia menambahkan kontak fisik merupakan salah satu bahasa cinta yang diucapkan oleh seseorang. “Itu (kontak fisik) akan membuat mereka merasa dicintai dan dihargai,” kata Jo. (Sbg/Ammy)

Comments