Bikin Bahagia
(Foto: Health.com)

Sabigaju.com – Aktivitas bercinta memiliki manfaat emosional bagi suami istri . Yup, seks selain bikin bahagia juga dapat memperkuat hubungan, dan menambah makna hidup bagi pasangan suami istri.

Hal itu diungkapkan dalam sebuah makalah berjudul Sexuality Leads to Boosts in Mood and Meaning in Life With No Evidence For The Reverse Direction: A Daily Diary Investigation yang ditulis oleh Todd Kashdan dan rekan-rekannya di George Mason University, Virginia.

Dan kamu harus tahu nih mengapa hubungan seks dapat bikin bahagia pasangan suami istri yang melakukannya

BACA JUGA: Cara Sederhana Membangkitkan Gairah Seksual Pasangan

Penelitian Bercinta Bikin Bahagia

Dalam makalah yang menganalisis hubungan antara aktivitas seksual dan kesejahteraan tersebut peneliti meminta 152 mahasiswa untuk mencatat perilaku seksual, emosional dan perasaan mereka setiap harinya selama periode tiga minggu masa riset.

Selain itu kesejahteraan peserta juga diukur melalui perasaan positif, suasana hati dan perasaan berarti dalam hidup mereka setiap harinya.

Todd Kashdan menyebut bahwa , usai bercinta orang-orang lebih bahagia keesokan harinya. Mereka juga menemukan lebih banyak makna dalam hidup. Perasaan bahagia itu berkat ciuman dan hubungan seksual di malam hari

Segala jenis aktivitas seksual tampaknya meningkatkan kesejahteraan seseorang. Karena manfaat tersebut tidak bergantung pada seberapa memuaskan atau intimnya bercinta.

“Ada sesuatu yang mendalam tentang bagaimana orang lain (pasangan) yang menyentuh tubuhmu” ujar Kashdan.

BACA JUGA: Ketika Pasangan Nggak Mau Diajak Bercinta

Tak hanya itu, hasil penelitian Kashdan juga menunjukkan, bercinta menimbulkan emosi yang positif. Perasaan cemas atau khawatir akan sesuatu, jadi berkurang .

Manfaat tersebut sangat dirasakan bagi mereka dibandingkan hari-hari ketika mereka tidak pernah bercinta. Ketika dalam suasana hubungan yang romantis, bikin bahagia perasaan dan terasa sangat memuaskan plus  intim.

Seks yang intim dan memuaskan akan meningkatkan kesejahteraan, terutama bagi pasangan yang punya hubungan lebih intim dan penuh kasih.

“Ini mungkin karena seks makin memperkuat ikatan hubungan. Seks dapat meningkatkan kesejahteraan dan hubungan dengan pasangan,” kata Kashdan.

BACA JUGA: Sederet Hal yang Bikin Pasangan Jengkel Saat Bercinta

Durasi Kebahagiaan Usai Bercinta

Nah terkait dengan hal itu, berapa lama durasi kebahagiaan yang bisa ditimbulkan lewat aktivitas bercinta?

Dalam studi yang dipublikasikan Journal Psychological Science menyebut bahwa perasaan bahagia usai bercinta yang disebut  “Perasaan Senang Seksual” dan menemukan, sisa-sisa pancaran kebahagiaan dan keceriaan yang juga dirasakan oleh pasangan serta orang-orang di sekitarnya dapat berlangsung hingga 48 jam.

Para peneliti menilai bahwa hormon oksitosin yang dilepaskan selama berhubungan intin dengan pasangan dapat mempromosikan keintiman, keceriaan, dan perasaan mudah memaafkan.

Tapi karena kebanyakan orang tidak berhubungan seks setiap hari, ilmuwan psikologis Andrea Meltzer dan tim risetnya ingin tahu tentang seberapa lama kepuasan tersebut berlangsung dan apa efeknya terhadap hubungan dengan orang lain.

Para peneliti melihat data dari dua studi yang berbeda, yang pertama melibatkan 96 pasangan pengantin baru dan yang kedua dengan 118 pasangan pengantin baru.

BACA JUGA: Siapa yang Lebih Senang Berkirim Pesan Erotis, Pria atau Wanita?

Semua peserta diminta terus melacak aktivitas seksual mereka sehari-hari, kepuasan seksual, dan kepuasan hubungan selama periode 14-hari.

Mereka juga telah melaporkan betapa bahagianya mereka berada di pernikahan selama periode penelitian sampai enam bulan setelahnya.

Setelah dikaitkan dengan jenis kelamin, usia, ciri kepribadian, frekuensi seksual, peserta pria maupun perempuan sama-sama mengalami kepuasan seksual yang meningkat selama dua hari penuh setelah berhubungan seks.

So, jangan lupa bercinta malam ini soalnya bakal bikin bahagia kamu sampai dua hari  esok hari! (Sbg/Rig)

Comments