Pesona keindahan Pantai Jogan, Gunungkidul, Yogyakarta (Instagram upiecupi)

Sabigaju.com – Pantai Jogan yang terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta saat ini sedang menjadi buah bibir di kalangan para traveler.

Selain karakteristik Pantai Jogan yang unik dan berbeda karena terdapat air terjun yang langsung mengalir ke laut hingga membuat pantai ini berbeda daripada pantai-pantai di sekitar Gunungkidul lainnya.

Salah satu hal yang membedakan pantai Jogan dengan pantai lainnya adalah keberadaan air terjun yang terletak di bibir laut Pantai Jogan. Hal itu adalah sesuatu yang langka di Indonesia, bahkan dunia.

Keberadaan Air terjun yang seakan bersembunyi di balik perbukitan karst, Gunungkidul, Yogyakarta tersebut adalah Sebuah pesona yang dapat anda saksikan saat mengunjugi Pantai Jogan.

Pemandangan pantai ini cukup mirip dengan air terjun seperti yang ada di Mcway Beach Waterfall California, sebuah sungai yang menyatu dengan lautan.

Air terjun yang unik di Pantai Jogan ini  memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Untuk bisa menikmati guyuran air terjun di pantai ini, para pengunjung harus turun kebawah dengan melewati turunan yang cukup licin dan basah. Tapi tak perlu khawatir, karena telah disediakan kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh Anda.

Untuk bisa menikmati guyuran air terjun di pantai Jogan, para pengunjung harus turun kebawah dengan melewati turunan yang berupa kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh Anda. (Foto : (Instagram munsya)

Meski begitu, para pengunjung juga harus tetap extra hati-hati karena jalur yang dilalui cukup curam. Setelah itu kalian akan melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting berwarna transparan yang berukuran sekitar 5 mm.

Selain itu, pantai ini juga nyaris tidak memiliki pasir pantai sebagai pembatas wilayah antara daratan dan lautan seperti pantai pada umumnya. Namun sebaliknya, pantai Jogan ini berbatasan langsung dengan tebing.

Uji Nyali Menjajal Gondola Kura-Kura

Menariknya lagi, tak mau kalah dengan Pantai Timang yang memiliki wisata kereta gantung kayu tradisional. Pantai Jogan juga ternyata memiliki wisata yang serupa tapi tak sama yakni Gondolo Kura-Kura. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi wisawatan pada saat akhir pekan.

Wisatawan tengah merasakan sensasi menaiki godola kura-kura di Pantai Jogan, Gunungkidul, Yogyakarta (Foto : Instagram lithaandriani))

Yup, para wisatawan dapat merasakan sensasi  debur ombak di Pantai Jogan, dari atas pantai ini saat menaiki Gondola Kura-kura.

Permasalahannya adalah apakah anda punya nyali untuk menjajal wahana ini?

Akses untuk menuju lokasi Pantai Jogan juga cukup mudah. Hanya berjarak 70 km dari kota Jogja, kalian dapat menumpuhnya dengan waktu 2 jam atau sekitar 200 m ke arah barat pantai Siung. Kondisi jalan yang dilalui sudah aspal dan mendekati lokasi jalan berubah menjadi cor blok sepanjang 1 km dan dapat dilalui dengan kendaraan roda 2 atau roda 4.

Jadi jangan tunggu lama-lama lagi, yuk ajak keluarga serta sahabat kalian untuk berlibur ke Pantai Jogan, Gunungkidul, Yogyakarta.(Sbg/Elv)

Comments