dengan Gembira
Berakhir pekan dengan gembira adalah hal penting.Sebab hal ini sangat menentukan kamu dalam menjalani awal pekan alias hari Senin, dengan ceria. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Banyak orang mendambakan untuk menikmati akhir pekan dengan gembira. Mulai dari melakukan permainan dengan anggota keluarga, berolahraga pagi bersama, menikmati kebersamaan dengan keluarga di taman sekitar rumah pada sore hari, dan lain sebagainya.

Berakhir pekan dengan gembira adalah hal penting.Sebab hal ini sangat menentukan kamu dalam menjalani awal pekan alias hari Senin, dengan ceria. Sehingga kamu tak perlu mengusung slogan I Hate Monday.

Nah Sabigaju mau kasih info buat kamu cara menikmati akhir pekan yang gembira agar kamu dapat menjalani Hari Senin terasa Ceria. Simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Akhir Pekan Jangan Asyik Sendiri, Waktunya Bermain Bersama Anak

Tetap Bangun Pagi

Banyak orang yang menganggap bangun lebih siang di akhir pekan adalah hal biasa untuk dilakukan sebab tak ada rutinitas harian yang harus dikejar.

Hal ini Sebenarnya keliru, sebab dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, tidur lebih lama alias seharian di akhir pekan ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

(Foto; Instagram)

Penelitian mengungkapkan bahwa tidur lebih lama bakal akan merusak pola tidur seseorang yang bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit metabolisme seperti penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu orang yang mempunyai perbedaan jadwal tidur yang mencolok pada hari kerja dibandingkan jadwal tidur pada akhir pekan mempunyai kandungan kolesterol yang buruk.

BACA JUGA: Hidup Produktif Bikin Libur Akhir Pekan jadi Menyenangkan 

Semangat Beraktivitas

Biasanya saat akhir pekan banyak orang yang memilih bermalas-malasan alias melakukan balas dendam setelah selama lima hari bekerja dari jam 9 pagi hingga sore atau malam.

(Foto: Pixabay)

Menurut Psikolog Andrea Bonior, PhD, penulis buku Psychology: Essential Thinkers, Classic Theories, and How They Inform Your World, mengatakan bahwa melakukan hal yang melelahkan di awal pekan dan menghadiahi diri akhir pekan yang santai justru akan membuat dirimu semakin tak menyukai hari Senin.

Sebaiknya lakukan beberapa rutinitas yang sama antara awal dan akhir pekan. Misalnya jam makan yang sama dan jam tidur yang sama.

Beberapa orang sukses, dilansir Forbes, tetap melakukan hal yang serupa di akhir dan awal pekan.

BACA JUGA: Empat Kegiatan Staycation, yang Pas Buat Liburan di Akhir Pekan

Lakukan Kegiatan yang Tak Biasa

Banyak orang yang memilih duduk berjam-jam di depan televisi ataupun nonton saluran Netflix secara maraton sepanjang akhir pekan.

(Foto: Pexels)

Hal itu bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan untuk mengisi akhir pekan dengan gembira.

Coba lakukan kegiatan yang tak biasa kamu kerjakan seperti mengunjungi museum, belajar menggambar, atau mengunjungi restoran untuk mencicipi hidangan bersama keluarga agar kamu dapat menjalani Hari Senin dengan perasaan ceria.

BACA JUGA: Nih, Persiapan Buat Menghadapi Sunday Night Blues 

Jangan Abaikan Keluarga

Sepanjang Senin hingga Jumat, kamu mungkin begitu sibuk sehingga tak terlalu banyak berbagi waktu dengan anggota keluarga di rumah.

(Foto: Pexels)

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk membangun komunikasi antar sesama anggota keluarga.

Hal ini tentu bukan berarti kamu tak boleh punya rencana lain. Lauangkan waktumu untuk keluarga saat akhir pekan dan mencurahkan perhatian kepada orang-orang di rumahmu. (Sbg/Rig)

Comments