Sabigaju.com – Salah satu hal yang patut dipertimbangkan ketika kamu berencana traveling adalah waktu. Kadang, waktu mempengaruhi harga semua kebutuhan untuk bepergian, mulai dari pesawat sampai akomodasi. Waktu juga menentukan destinasi wisata incaranmu sedang dalam waktu terbaik untuk dikunjungi atau tidak.

Di waktu-waktu tertentu, bisa saja suatu destinasi wisata memiliki lebih banyak festival tematik yang menarik untuk dihadiri. Waktu juga berkaitan dengan musim dan apa-apa saja yang bisa kamu kunjungi di sana. Misal, kamu pergi saat musim salju, tentu tidak cocok jika kamu ingin ke pantai.

Berbicara tentang waktu dan kecocokannya dengan destinasi wisata, di bulan April ini, enaknya wisata ke mana ya, Sobat Sabi?

Bulan April salah satu bulan terbaik untuk traveling, lho. Apalagi kalau kamu ingin ke luar negeri. April termasuk low season, sehingga kamu akan mendapat harga lebih murah untuk kebutuhan seperti tiket pesawat dan hotel. Di sisi lain, April juga cocok untuk traveling karena bulannya peralihan musim. It’s spring, baby!

Dilansir dari  TIME, ini dia destinasi wisata terbaik untuk kamu kunjungi di bulan April. Simak, ya!

Paris

Musim semi di kota paling romantis di dunia ini memberi kehangatan tersendiri. Di bulan April, kamu mungkin akan merasakan sedikit hujan dan panas di waktu bersamaan. Siap-siap packing untuk dua tema cuaca ini jika kamu ingin berkunjung ke Paris di bulan April.

Menikmati bulan April di Paris, beberapa tempat dan acara yang bisa kamu kunjungi antara lain; Marché aux fleurs—pasar kembang yang ada sejak tahun 1830, Art Paris Art Fair—pameran seni kontemporer di Grand Palais, Grand Mosquée of Paris—salah satu masjid terbesar di Perancis yang memiliki taman indah di dalamnya, juga Pere Lachaise—area pemakaman yang terletak di wilayah perbukitan ini sangat indah, kamu bisa menemukan makam beberapa pesohor seperti Oscar Wilde, Edith Piaf, dan Jim Morrison di sini. Selain itu, mungkin sebaiknya kamu juga tidak melewatkan taman di Palace of Versailles yang sangat indah di musim semi! Setiap akhir pekan, beberapa dari 55 koleksi air mancur di taman akan turut ‘hidup’ dan menari untuk pertunjukan musik.

Kyoto, Jepang

Kalau ingin menikmati berbagai arsitektur menarik, makanan khas Jepang yang lezat, dan budaya geisha di Kyoto. kapan pun Anda berkunjung. Namun jika Anda ingin melihat bunga sakura bermekaran dan bahkan terhampar di jalanan, bulan April lah waktu yang tepat!

Tempat-tempat favorit untuk memandangi bunga sakura bermekaran tersebut, antara lain; sungai Kamogawa, Shinto Heian Shrine, distrik Gion—yang juga merupakan lokasi utama untuk melihat budaya geisha jika kamu tertarik.

Bulan April di Jepang memang tergolong bulan ‘ramai turis’ tapi suguhan yang ditawarkan sangat patut kamu kejar, kok.

Amsterdam

Kalau Jepang punya bunga sakura, Amsterdam punya bunga tulip warna-warni bermekaran di bukan April. Datang lah ke Negara Kincir Angin ini di musim semi, kamu akan melihat hamparan tulip di mana-mana. Taman Keukenhof adalah lokasi utama yang bisa kamu tuju kalau ingin berfoto di tengah-tengah bunga tulip nan indah. Selain itu, di bulan April juga penduduk Belanda akan merayakan hari ulang tahun sang raja yang disebut King’s Day.

Nikaragua

Ada banyak aktivitas outdoor menarik yang bisa kamu lakukan di Nikaragua selama April yang hangat dan lembap. Kamu yang ingin surfing dan diving, silahkan kunjungi kawasan Emerald Coast atau Corn Island. Kalau ingin berwisata sejarah, kunjungi kawasan Leon yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia Unesco, atau Granada. Tak jauh dari Leon, ada Gunung Cerro Negro yang pas banget didaki di bulan ini.

Cuma ingin berwisata di wilayah Indonesia? Tenang, ada rekomendasinya juga nih untuk kamu!

Festival Langkisau di Sumatera Barat

Festival Langkisau yang didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia ini akan berlangsung di pantai Carocok pada 18-22 April nanti. Selain mengenalkan obyek wisata Sumatera Barat, festival Langkisau juga akan menyuguhkan berbagai pameran, atraksi budaya, kerajinan masyarakat, permainan tradisional, atraksi paralayang, hingga bazaar wisata. Musim yang mulai panas di wilayah Indonesia pada April ini cocok banget buat berkunjung ke pantai!

Festival Halo Sultra, Sulawesi Tenggara

Festival ini berlangsung tanggal 23-27 April mendatang. Festival ini diadakan untuk memperingati hari jadi Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain mengikuti rangkaian acara festival Halo Sultra, kamu juga bisa berkeliling menikmati keindahal alam di kota Kendari, salah satunya pulau Namu yang memiliki pantai nan eksotis.

Tradisi Seba Badui, Banten

Tak perlu jauh-jauh dari ibu kota, kamu juga bisa menikmati budaya eksotis provinsi Banten yang satu ini. Di tanggal 30 April nanti, ada tradisi Seba Badui di mana masyarakat Badui akan berjalan kaki membawa hasil bumi menuju ibu kota provinsi Banten. Bukan sembarangan, perjalanan ini adalah perjalanan spiritual dalam kepercayaan suku Badui, yang merupakan penutup ritual kawalu (berpuasa tiga bulan). Selain kemeriahan, kamu juga akan merasakan suasana sakral dalam tradisi Seba Badui.

So, mau traveling ke mana kamu di bulan April ini, Sob? (sbg/Fitri)

Comments