ilustrasi Bentuk wajah
(Foto: Pixabay.com)

Sabigaju.com – Ada berbagai macam bentuk wajah di dunia. Ada yang bulat, oval, kotak, dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari gen, usia hingga ras.

Bentuk wajah seseorang tak hanya bisa menggambarkan berbagai hal mulai dari kondisi usia hingga ekspresi emosional saat sedang kesal atau senang. Tapi juga dapat menunjukkan hasrat seksual seseorang.

Lebih dari itu, ilmuwan mengungkap fakta bahwa bentuk wajah juga dapat menyingkap seberapa besar potensi mereka berselingkuh.

BACA JUGA: Alasan yang Bikin Pria Menolak Berhubungan Intim

Wajah dan Gambaran Hasrat Seksual

Temuan para peneliti yang dipublikasikan dalam Archives of Sexual Behavior  ini menyebutkan bahwa baik laki-laki maupun perempuan dengan bentuk wajah lebih pendek dan lebih lebar cenderung lebih termotivasi secara seksual, artinya mereka punya libido yang lebih tinggi.

Lebih dari itu, penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa laki-laki dengan bentuk wajah kotak–dihitung dengan rasio lebar wajah terhadap tinggi wajah atau FWHR–tak sekadar punya dorongan seksual lebih kuat.

Mereka lebih terbuka terhadap hubungan seksual kasual tanpa komitmen, karenanya punya kecenderungan lebih besar untuk berselingkuh.

“Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa karakteristik wajah dapat mengungkap informasi penting tentang motivasi seksual manusia,” jelas Steve Arnocky, penulis utama riset dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, Arnocky dan rekan-rekan melakukan penelitian  dimensi wajah seseorang berhubungan dengan sifat psikologis dan perilaku tertentu. dipublikasikan di Psychological Science.

Hasilnya menyebutkan, dalam waktu tiga menit bertatap muka saat kencan kilat, perempuan menilai laki-laki berwajah lebih lebar cenderung lebih dominan dan menarik.

Bagi perempuan, laki-laki dengan skor FWHR lebih tinggi dinilai lebih potensial dalam hal romantis. Namun, hanya untuk hubungan singkat.

BACA JUGA: Pilihan Gaya Bercinta Bila Pasanganmu Berambut Panjang

Bentuk Wajah dan Kecenderungan Berselingkuh

Lewat dua studi terpisah, Arnocky yang seorang psikolog yang fokus pada seks dan perilaku manusia meneliti korelasi antara seksualitas dan fitur-fitur yang terdapat pada wajah seseorang.

Dalam studi pertama, 145 sarjana perempuan dan laki-laki diberi pertanyaan seputar perilaku interpersonal dan dorongan seksual. Misal, “Seberapa sering Anda mengalami hasrat seksual?” dan “Seberapa sering Anda mencapai orgasme dalam satu bulan?” Selain itu, FWHR mereka juga diukur menggunakan foto.

Lewat studi kedua, perpanjangan dari studi pertama, 314 mahasiswa menjawab pertanyaan tambahan seputar orientasi sosioseksual.

Misal sikap terhadap hubungan seksual kasual dan niat berselingkuh. Selain diberi pertanyaan, foto partisipan juga diambil untuk menentukan skor FWHR.

Menurut laporan riset mereka, FWHR secara signifikan berkorelasi dengan dorongan seksual.

Hanya dengan mengetahui skor FWHR seseorang, para periset dapat memprediksi apa yang dilaporkan orang tersebut tentang dorongan seksual mereka. Hubungan ini berlaku untuk kedua jenis kelamin.

Namun, perlu dicatat bahwa hasil studi kedua menunjukkan bahwa hanya laki-laki dengan skor FWHR lebih tinggi lah yang punya kecenderungan untuk lebih menikmati atau merasa nyaman melakukan seks bebas dan lebih cenderung mempertimbangkan berselingkuh dari pasangan mereka.

BACA JUGA: Hubungan Seksual Bisa Tularkan Virus Corona?

Secara keseluruhan, laki-laki menunjukkan preferensi yang lebih besar terhadap seks bebas dan perselingkuhan dibandingkan perempuan.

Periset percaya bahwa perilaku terkait FWHR ini dapat dijelaskan oleh hormon seksual, khususnya testosteron.

Sebab, motif dan perilaku seksual laki-laki dan perempuan sebagian dimodulasi oleh testosteron. Selama pubertas, testosteron dikaitkan dengan motif dan perilaku seksual laki-laki dan perempuan di kemudian hari. (Sbg/Rig)

Comments