Beranda SABIGAJU+ Bener Nggak sih Ada Puber Kedua?

Bener Nggak sih Ada Puber Kedua?

2 menit baca
0
0
52

Sabigaju.com – Sering orang menyebut kata puber tapi belum mengetahui maknanya. Menurut istilah ilmiah, pubertas itu diartikan sebagai perubahan psikis, fisik dan pematangan fungsi seksual. Masyarakat juga banyak yang menyebut adanya puber kedua? Benarkah hal tersebut?

Menurut penelitian ilmiah dan teori tumbuh kembang manusia, fase puber itu, menurut Freud ada dalam kurun usia sekitar 12-13 tahun, sementara menurut Aristoteles 14 – 21 tahun.

Anggapan masyarakat tentang adanya puber kedua itu ditulis laman gulalives. Asumsinya di usia 40 tahun, ada perubahan psikis, fisik dan pematangan fungsi. Periode puber pertama berulang di periode kedua, tentunya dengan perbedaan fisik yang lebih ekstrim.

Ciri-ciri pada laki-laki yakni tumbuhnya rambut tambahan yang lebih lebat dan panjang, adanya pertumbuhan fisik menjadi tidak seimbang atau proporsional dan perubahan suara.

Para pria, seperti yang dikutip gula lives juga senang berpenampilan modis, menyisir lebih rapih dan gemar memakai wewangian.

Sementara itu pada posisi wanita, puber kedua ditandai dengan perubahan fisik dan horman. Para wanita lebih banyak berubah dari sisi psikologis, yakni krisis waktu luang, perubahan sosial, suka dipuji, tertarik dengan lelaki lain dan kecenderungan jenuh dengan pasangannya.

Nah, tadi itu pembahasan tentang benar atau tidaknya ada puber kedua secara ilmah. Kamu percaya atau tidak? (Sbg/Ted)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak nimadgaju
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lihat juga

SabiLove: Gimana Supaya Sedih Setelah Putus Nggak Terlalu Menyiksa?

Sabigaju.com – Haloooo! Sebelumnya terima kasih sudah mengirimkan curhatan kalian ke…