Sabigaju.com – Pria menganggap wanita bertubuh langsing lebih menarik daripada yang bertubuh curvy. Hal ini disebabkan para pria menghubungkan tubuh langsing wanita dengan penampilan yang lebih awet muda, tingkat kesuburan, dan rendahnya risiko penyakit. Itulah yang terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan di University of Aberdeen. Studi ini dilakukan oleh Profesor John Speakman dan timnya, mempelajari tentang evolusi kebugaran tubuh.

Tim Profesor Speakman menunjukkan 21 gambar wanita dengan berbagai bentuk tubuh yang berbeda berdasarkan tingkat kegemukannya kepada 1327 orang pria. Lalu meminta mereka merunutkannya dimulai dari yang paling menarik menurut penilaian mereka.

Gambar yang paling banyak dipilih adalah gambar tubuh wanita yang memiliki body mass index (BMI), atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) sebesar 19. Hal ini berbeda dengan pendapat para peneliti. Secara matematis, kombinasi antara tingkat obesitas, perkiraan panjang usia dan juga kesuburan wanita, bisa dikatakan menarik secara fisik jika wanita memiliki BMI sebesar 24 hingga 24, 8.

Pria Tertarik pada Wanita yang Bugar

Alasan di balik preferensi ‘evolusi kebugaran’ ini adalah karena orang yang lebih muda dipandang lebih bugar dan memiliki kemampuan reproduksi yang lebih baik.

Seseorang yang bertubuh gemuk cenderung rentan terserang penyakit sehingga kemampuan bertahan hidup dalam jangka panjangnya masih dipertanyakan. Para dokter juga mengatakan kalau kegemukan pada wanita bisa menyulitkan mereka untuk hamil atau mengandung anak secara sehat.

Namun, patut dipertanyakan juga apakah para pria dalam penelitian tersebut benar-benar tertarik pada wanita yang bertubuh langsing karena alasan kesehatan dan reproduksi yang baik. Karena ada kemungkinan hal ini merupakan efek propaganda media mainstream dengan sosok wanita bertubuh langsing sebagai tubuh ideal.

Alasan Lain Pria Menyukai Wanita dengan Tubuh Langsing

Dalam artikel yang dimuat dalam situs Boldsky yang berjudul Why Men Like Thin Women?, ada lima alasan umum mengapa para pria menyukai wanita bertubuh langsing. Wanita yang bertubuh langsing terlihat seksi, pantas mengenakan busana apapun, mudah digendong, dan fleksibel di ranjang. Selain itu, menurut mereka langsing itu berbeda dengan kurus.

Well, ada kemungkinan bahwa pria masih terkurung pada paradigma “seksi itu langsing”, atau “yang langsing itu yang menarik”, bukan berarti para wanita perlu memusingkan hal tersebut. Mungkin juga kampanye mengenai keragaman bentuk tubuh yang menarik harus dibuat semakin intens, sehingga preferensi akan tubuh yang menarik pun akan berubah. Terlepas dari itu, apapun yang dikatakan hasil penelitian, tubuh setiap wanita itu indah selama mereka nyaman dengan tubuhnya. (Sbg/Ftr)

Comments