Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Jepang menyebutkan kalau mengkonsumsi Es krim saat sarapan dapat meningkatkan kecerdasan otak. ( Foto: Tracey Hocking on Unsplash)
Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Jepang menyebutkan kalau mengkonsumsi Es krim saat sarapan pagi dapat meningkatkan kecerdasan otak. ( Foto: Tracey Hocking on Unsplash)

Sabigaju.com – Umumnya orang memilih makanan yang hangat untuk dikonsumsi pada saat pagi hari sebagai sarapan. Namun, kini berkembang opini kalau mengkonsumsi es krim saat makan pagi ternyata baik dan punya manfaat bagi tubuh kita.

Memang ini bertentangan dengan pemahaman umum yang sudah menyebar, bahwa kita harus mengurangi konsumsi manis di pagi hari. Karena itu akan membuat kita mengantuk seiring hari semakin siang, sehingga aktivitasmu akan terganggu.

Belum lagi anggapan mayoritas orang yang menilai es krim sebagai cemilan yang kurang sehat. Tak jarang juga, orangtua melarang anak-anak mereka untuk tidak banyak memakan es krim, karena takut merugikan kesehatan.

Sarapan Es Krim Membuat Otak Cerdas?

Belum lama ini laman excite.co.jp, menurunkan hasil penelitian dari Kyorin University, yang dipimpin oleh Yoshihiko Koga, profesor di universitas tersebut menemukan bahwa orang yang makan es krim setelah bangun tidur bisa menjadi lebih pintar.

Menurut hasil penelitiannya, es krim bisa mempercepat respon seseorang dan mengurangi gangguan mental ringan.

Menurut hasil penelitian es krim bisa mempercepat respon seseorang dan mengurangi gangguan mental ringan.(Foto by John Canelis on Unsplash)
Menurut hasil penelitian es krim bisa mempercepat respon seseorang dan mengurangi gangguan mental ringan.(Foto by John Canelis on Unsplash)

Dalam eksperimennya, profesor dari Kyorin University di Tokyo ini meminta partisipan makan es krim di pagi hari. Kemudian mereka harus menyelesaikan tes maupun kuis mental di komputer. Ia juga meneliti kelompok partisipan lain yang sarapan tidak dengan es krim, tapi menu sarapan normal seperti roti atau omelet.

Profesor Koga pun membandingkan hasil tes pada kedua kelompok dan mendapati kelompok yang sarapan dengan es krim lebih baik dalam memproses informasi baru dan reaksi mereka juga lebih cepat.

Setelah menganalisa aktivitas otak para responden, Profesor Koga menemukan adanya peningkatan gelombang Alpha berfrekuensi tinggi pada otak. Gelombang ini, berkaitan dengan peningkatan kewaspadaan dan menurunnya gangguan mental.

Dia menyimpulkan dinginnya es krim memunculkan efek kejut pada otak sehingga ikut meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran.

Air Dingin Meningkatkan Kewaspadaan Otak

Profesor Koga juga mengadakan eksperimen dengan air dingin, untuk melihat apakah juga menghasilkan efek yang sama. Partisipan diminta meminum segelas air dingin segera setelah bangun pagi.

Suhu air yang dingin bisa membuat semua indra di tubuhmu lebih cepat aktif, terangsang dan melawan rasa kantukmu. Selain itu air dingin juga dapat membuatmu lebih waspada dan meningkatkan konsentrasimu, tapi efeknya tidak sebesar saat memakan es krim.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Proesor Koga juga menemukan bahwa suhu air minum yang dingin ternyata juga meningkatkan kewaspadaan, tapi efeknya tidak sebesar saat memakan es krim. (Foto by Jacalyn Beales on Unsplash)
Penelitian lain yang dilakukan oleh Proesor Koga juga menemukan bahwa suhu air minum yang dingin ternyata juga meningkatkan kewaspadaan, tapi efeknya tidak sebesar saat memakan es krim. (Foto by Jacalyn Beales on Unsplash)

Jadi, ada baiknya untuk memakan es krim sebatas 3 sendok saja saat sarapan untuk meningkatkan konsentrasi mu. Ingat! memakan es krim ini saat sarapan, bukan sebagai pengganti sarapan. dan kamu bisa melakukannya selama gak ada pantangan manis dan dingin ya.

Sarapan tetap diperlukan karena kamu membutuhkan energi agar  kuat merespon efek es krim yang kamu makan. (Sbg/Rig)

Comments