Sabigaju.com – Sobat Sabi, cobalah lihat dirimu di cermin. Apakah kamu mirip ayah, atau ibumu? Setiap anak pasti sedikit banyak mewarisi ciri-ciri fisik dan sifat orang tuanya. Nah, bagaimana dengan kecerdasan? Apakah ini sesuatu yang diwariskan dari gen orang tua juga, atau memang setiap anak terlahir dengan potensi kecerdasan masing? Yuk kita bahas penelitian-penelitian mengenai gen kecerdasan anak.

Riset Mengenai Gen Kecerdasan Anak

Source : Smartkiddy.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Washington, seorang perempuan akan menurunkan gen kecerdasan lebih banyak karena perempuan memiliki sepasang kromosom X. Sedangkan laki-laki memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y. Kromosom X inilah yang menentukan fungsi kognitif seorang anak.

Sedangkan penelitian kuantitatif oleh Medical Research Council Social and Public Health Science Unit terhadap 12.686 orang berusia 14 -22 tahun menyatakan kesimpulan yang berbeda. Pertanyaan penelitian ini fokus pada IQ, ras, pendidikan dan status sosial-ekonomi. Dari berbagai rangkaian pertanyaan yang diajukan dapat disimpulkan bahwa prediktor terbaik kecerdasan anak berasal dari IQ ibu mereka.

Seorang psikolog dari London School of Economics, Satoshi Kanazawa, mempunyai pendapat sedikit berbeda. Pada artikelnya, dia mengatakan kalau kecerdasan umum itu dikenal sangat diwariskan melalui jalur kromosom X. Yang berarti, anak laki-laki mewarisi kecerdasan umum mereka dari sang ibu saja. Sedangkan anak perempuan mewarisi kecerdasan umum mereka dari ibu dan ayah mereka.

Jadi, seharusnya perempuan dapat lebih mempengaruhi kecerdasan umum dari generasi masa depan yang lebih tinggi daripada laki-laki.

Sebuah studi yang terdapat pada jurnal akademik Behavior Science tahun 1982 melihat korelasi antara orangtua dan anak. Dengan memperhatikan IQ bahwa korelasi antara kecerdasan ibu dan anak sedikit lebih tinggi di 0,464 dibandingkan dengan seorang ayah dan anak di 0,423.

Xu Gelin, seorang dokter neurologi di Nanjing General Hospital of Nanjing Military Command pada bulan November 2014 mengatakan kalau faktor genetik sangat rumit dan acak. Dimana baik Ibu atau Ayah punya berbagai tingkat pengaruh genetik di anak mereka.

Contoh jika ibu memiliki IQ tinggi, dan ayah memiliki IQ rendah, anak mereka akan kemungkinan besar IQ menengah. kata Xu.

Jadi di antara para peneliti pun, ternyata mempunyai opini-opini yang berbeda mengenai hal ini. Namun demikian, di antara kedua pandangan umum yang ada, mereka setuju bahwa perempuan sebenarnya akan membawa gen kecerdasan lebih banyak ketimbang laki-laki. (Sbg/Ary)

Comments