Panggung musik Rock tengah berduka. Dalam waktu kurang dari seminggu tiga musisi rock berpulang kehadapan Sang Pencipta. (Foto Pixabay)
Panggung musik Rock tengah berduka. Dalam waktu kurang dari seminggu tiga musisi rock berpulang kehadapan Sang Pencipta. (Foto Pixabay)

Sabigaju.com – Dalam kurun waktu tak sampai seminggu panggung musik keras alias rock berduka. Tiga musisi rock beda genre yakni vokalis band Jeruji Ginan Koesmayadi, drummer grup heavy metal Pantera, Vinie Paul serta terakhir rocker Hari Moekti menghadap ke hadapan sang pencipta.

Seperti apa kiprah ketiganya di panggung musik cadas? Simak ulasannya berikut ini, Sob!

1. Ginan, Vokalis Jeruji

Vokalis band pengusung hardcore-punk Jeruji, Ginan Koesmayadi, meninggal dunia pada Kamis (21/6) lantaran serangan jantung. Ginan bergabung dengan Jeruji pada 2015 lalu menggantikan frontman terdahulu, Aldonny ‘Themfuck’.

Jenazah Almarhum Ginan dimakamkan hari Jumat (22/7) di TPU Cibarunai Bandung, Jawa barat, diiringi keharuan dari para kerabat maupun sahabat.

Semasa hidupnya Ginan tak hanya semata menggeluti dunia musik. Ginan merupakan salah satu pendiri Rumah Cemara, yang merupakan komunitas pendampingan korban Napza dan HIV/AIDS.

Indonesia yang diwakili Rumah Cemara kerap mengikuti turnamen Homeless World Cup (HWC). HWC pertama kali digagas pada 2003 dan menjadi ajang sepak bola bagi kaum marjinal. Turnamen itu menjadikan sepak bola sebagai wadah dan tempat bagi para pesertanya untuk meraih perubahan.

Lewat turnamen tersebut vokalis band Jeruji itu berhasil merengkuh gelar pemain terbaik Homeless World Cup pada 2011 lalu.

2. Vinie Paul, Drummer Pantera

Sedikit demi sedikit, terkuak informasi mengenai meninggalnya Vinnie Paul. Dalam pengumuman resmi yang disampaikan lewat akun resmi Pantera beberapa waktu lalu, tak disebutkan detail mengenai kematian pendiri dan drumer band heavy metal tersebut.

Namun dilansir dari TMZ, Senin (25/5/2018), terungkap informasi terbaru dari Vinnie Paul.
“Ia meninggal dalam tidurnya di rumahnya di Las Vegas,” tutur salah seorang keluarga Vinnie Paul kepada TMZ.

Jenazah Vinnie juga kabarnya akan diperiksa, untuk menentukan penyebab pasti kematiannya.

Vinnie Paul mendirikan Pantera bersama kakaknya, Dimebag Darrell, pada 1981.

Bersama vokalis Phil Anselmo, mereka meraih kesuksesan besar. Sepanjang kariernya, Pantera meraih empat nominasi Grammy, dan sembilan albumnya masuk dalam daftar Billboard 200.

Pantera dibubarkan pada 2003, dan sejak 2006, Vinnie Paul bergabung dengan band heavy metal Hellyeah bersama Chad Gray dan Tom Maxwell.

3.  Hary Moekti, Mantan Rocker

Harry Moekti meninggal dunia, Minggu (24/6/2018) malam di Rumah Sakit Dustira, Cimahi, Jawa Barat. Harry Moekti lahir tanggal 25 Maret 1957. Di era tahun 1980-an, Kang Harry, begitu dia biasa disapa, dikenal sebagai rocker yang banyak penggemarnya.

Puluhan orang pun beramai-ramai menyaksikan prosesi pemakaman pria yang akrab disapa Abah ini.

Namun, di akhir tahun 1990-an, pria bertubuh mungil dengan suara melengking ini memilih turun panggung. Mendalami agama Islam secara intens, Harry Moekti pun belakangan dikenal sebagai pendakwah.

Harry Moekti pernah tergabung dalam band Makara. Dan sempat juga menjadi vokalis di Band Adegan serta Krakatau Reunion. Sederet lagu hit Harry Moekti di antaranya ‘Ada Kamu’ hingga ‘Lintas Melawai’ yang ngetop di tahun 1980-an hingga 1990-an. (Sbg/Rig)

Comments