belanja kebutuhan pokok
(Foto; Freepik.com)

Sabigaju.com – Beberapa waktu lalu, banyak orang di tanah air yang melakukan panic buying alias berbelanja atau membeli barang secara besar-besaran untuk mencukupi persediaan barang-barang kebutuhan mereka selama tinggal di rumah lantaran pandemi COVID-19.

Membeli persediaan lebih banyak memang diperlukan, namun Jangan asal membeli berbagai makanan instan yang sebenarnya tidak biasa kita konsumsi. Alasannya, nantinya bahan makanan yang sudah kita beli bisa saja akan terbuang percuma karena tidak termakan.

Lantas,bahan makanan dan kebutuhan apa saja sih yang kita butuhkan di rumah di tengah pandemi COVID-19  saat ini.

1. Minyak Goreng

sebagai bahan masakan utama adalah salah satu hal penting yang harus selalu tersedia. Jika memiliki uang lebih, kamu bisa membeli minyak untuk keperluan memasak berbeda.

Misalnya, minyak zaitun untuk celupan atau finishing makanan, minyak netral seperti minyak sayur untuk memasak dan memanggang, dan minyak lainnya sesuai kebutuhan.

Jangan gunakan Minyak goreng yang sudah digunakan secara berulang karena tidak baik untuk kesehatan.

BACA JUGA: Gaes, Jangan Buang Uang Saat Pandemi Corona!

2. Bahan Pokok

Kamu juga harus menyiapkan membeli beras atau opsi sehat lainnya, seperti beras merah, gandum utuh, kacang-kacangan, atau bahan kering lainnya.

3. Makanan Pelengkap

Hal lain yang juga harus kamu siapkan adalah menyimpan pasta kering atau tomat kalengan. Kebutuhan buah kering juga bisa kita beli sebagai camilan sehat.

BACA JUGA: Rasa Panik Cuma Bikin Rugi Diri Sendiri

4. Makanan yang Awet di Kulkas

Kamu nggak perlu memborong semua makanan di supermarket, cukup sediakan kebutuhan kunci secukupnya agar mendapatkan suntikan protein yang cukup. Misalnya, keju atau sosis, yang cenderung lebih awet untuk disimpan ketimbang daging segar.

6. Sayuran dan Buah

Belilah bahan sayuran yang awet seperti bawang putih, bawang merah dan kentang. “Cud Simpan di tempat yang sejuk dan gelap agar mereka awet lebih lama.

Beberapa sayuran dan buah segar juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama hingga beberapa minggu di kulkas, seperti brokoli, kubis, sayuran berdaun hijau, apel, atau jeruk. Selain bernutrisi, kamu juga bisa menyimpannya selama beberapa minggu.

BACA JUGA: Hadapi Corona dengan Kuliner Mantul untuk Imunitas Tubuh

7. Menyediakan Obat-obatan

Untuk berjaga-jaga, lengkapi kebutuhan obat-obatan tanpa resep seperti obat penghilang rasa sakit kepala, obat batu, atau obat flu.Nah, kalau ada anggota keluarga yang sedang meminum obat resep dari dokter, pastikan stoknya cukup setidaknya untuk dua minggu.

Kalau biasa menggunakan minyak gosok atau mengonsumsi vitamin, sebaiknya pastikan stoknya juga aman, ya.

Jika stoknya dirasa masih cukup, maka kamu nggak perlu menimbun terlalu banyak daripada nantinya berbagai barang tersebut malah kadaluwarsa.

Tidak hanya hemat, cara ini juga efektif untuk memastikan kebutuhan dan persediaan obat-obatan di rumah selalu berada di tanggal pakai yang aman.

Comments