belajar mengelola keuangan bisa lewat game
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di masa New Normal ini, tak sedikit orang yang menghadapi masalah kondisi finansial. Hal ini menunjukan bahwa edukasi mengelola  keuangan semakin diperlukan setelah menghadapi kondisi pandemi Covid-19.

Sayangnya tidak semua orang menyukai materi edukasi mengelola keuangan seperti kredit, investasi dan lainnya yang cenderung membosankan. Tetapi belajar mengenai informasi berharga tersebut dapat membantu orang untuk mengelola keuangan

Nah, ada beberapa game yang ternyata yang dapat mengajarkanmu bagaimana mengelola  keuangan menjadi terasa mudah dan bahkan menyenangkan. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Pola Berhemat Harus Kamu Lakukan di Masa New Normal 

1. Bilionaire

Game ini bakal mengajarkanmu bagimana cara  merajai berbagai sektor bisnis sekaligus dan menjadi orang paling kaya sedunia! Sama seperti bisnis di dunia nyata, kamu akan diberikan sejumlah kecil modal untuk membeli unit bisnis yang kamu sukai.

Ada banyak unit bisnis yang bisa kamu pilih seperti penjual lemon, tukang bungkus kado, penjual hotdog, dan masih banyak lagi. Setelah kamu mengumpulkan cukup keuntungan dari unit bisnis pertamamu, kamu bisa merambah ke unit bisnis lainnya untuk melipatgandakan uang kamu.

2. LINE Let’s Get Rich

Game monopoli dari LINE ini sepertinya sudah tidak asing lagi karena sempat booming beberapa waktu lalu ketika baru diluncurkan.

Prinsip Let’s Get Rich sama seperti permainan monopoli pada umumnya. Kamu bersaing melawan pemain-pemain lawan untuk membeli properti, menguasai hak hipotek, serta mengumpulkan uang sewa dari seluruh aset yang kamu miliki.

Game ini membuat kamu bisa belajar mengelola keuangan dengan menyenangkan.

BACA JUGA: Gaes, Menabung dan Berhematlah di Fase New Normal!

3. Harvest Moon

Game Harvest Moon sudah merambah ke mobile gaming juga dengan judul Harvest Moon: Seeds of Memory.

Game ini mengawinkan simulasi kehidupan sebagai petani dan manajemen mengelola  keuangan pertanian ini sangat cocok masuk ke dalam daftar game yang mengajarkan ilmu bisnis dan keuangan.

Kamu berperan sebagai seorang anak yang mendapatkan warisan rumah dan tanah serta diharuskan untuk mengelolanya dari awal sebagai petani.

Beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan nantinya cukup beragam seperti mengumpulkan mineral dari tambang untuk dijual, mengembangkan kebun yang hasilnya bisa dijual, sampai membuat peternakan ayam dan sapi. Kamu harus bisa dengan efektif mengatur keuangan supaya bisa bertahan hidup dan mengembangkan peternakan dan kebun.

Jika kamu mampu melakukan hal-hal tersebut dengan efektif, nantinya uang yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk membangun rumah supaya lebih keren sebagai modal untuk menikah nantinya.

4. The Game of LIFE

Game android besutan Hasbro ini menceritakan tentang perjalanan hidup pemain dari awal kuliah sampai pensiun.

Berbeda dengan game sebelumnya yang menekankan ilmu2 bisnis dan investasi, LIFE lebih menekankan bgaimana mengelola keuangan mulai dari kebutuhan dan rencana keuangan kita dari awal berkarir, menikah, punya anak, dan pensiun.

 

Pemain akan melempar dadu lalu menjalani jalur kehidupan yang berisi berbagai macam peristiwa. Tentu saja selayaknya kehidupan asli, ada peristiwa baik seperti punya anak, menikah, dapat lotere, dan peristiwa buruk seperti dipecat, dituntut orang, pengeluaran tidak terduga.

Dalam permainan, pemain akan diberikan pilihan dalam berbagai percabangan hidup, bahkan percabangan hidup pertama terjadi sangat awal dalam permainan yaitu : memilih kuliah atau langsung bekerja.

Pilihan hidup ini akan memiliki hasil yang berbeda sesuai dengan keberuntunganmu.

BACA JUGA: Teman Berdagang, Perlukah Kita Beli Lantaran Nggak Enakan?

5. Football Manager

Kamu juga bisa belajar mengelola keuangan lewat Game Football Manager .

Permainan ini menawarkan sebuah kemewahan untuk menjadi seorang manajer atau pelatih kepala di sebuah klub.

 Ada banyak yang bisa kita pelajari dari permainan ini sebab game ini  tidak hanya mengenai permainan sepakbola melulu.

Dalam permaianan ini kita harus mengurus sebuah klub bola. Bila kita terlalu boros belanja pemain atau memberikan gaji yang tinggi kepada pemain, tunggu saja kebangkrutan tim. Kamu akan berlatih kemampuan mengelola keuangan, bernegosiasi dan managemen keuangan.

Jadi untuk belajar mengelola keuangan tidak perlu membaca buku yang tebal dan belajar berhitung yang rumit, mulailah belajar dari hal sederhana seperti bermain game. (Sbg/Rig)

Comments