Curhat
Sebagai suami kamu mesti peka Jika istri mulai jenuh menyimpan masalah. Sebab kalau tidak, lambat laun dia bakal curhat ke teman-temannya. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Terdengar seperti ancaman ya, Sob. Tapi betul loh, faktanya banyak sekali istri yang mulai jenuh menyimpan masalahnya sendiri hingga curhat ke teman-temannya.

Dalam hubungan rumah tangga, hal ini bisa berakibat fatal sebetulnya. Bagaimanapun, masalah rumah tangga harus selesai di tangan kalian sendiri. Jangan sampai orang lain tahu hingga aib rumah tangga tersebar sana sini.

Tapi, jangan buru-buru menyalahkan istri. Pikir dulu, jangan-jangan kamu yang kurang peka terhadap perkara rumah tangga sendiri. Walau bagaimanapun, istri tetaplah manusia yang tak mungkin selamanya bisa sabar dan menahan masalahnya sendirian.

BACA JUGA

1. Thank Her

Jangan lupa untuk mengucapkan banyak kata terima kasih. Sebab, istri sudah melakukan banyak hal untuk suami dan anak. Jangan lupa bahwa kadang mereka rela menyisihkan waktu untuk diri sendiri demi bisa mengurus suami serta anaknya.

Cara berterima kasih ini bisa dalam bentuk mengapresiasi setiap tindakannya. Memuji adalah salah satu kunci sederhana agar istri bahagia. Kamu bisa memuji bahwa ia tetap cantik walau sedikit gemuk ketika menyusui. Atau memuji masakannya walau sedikit keasinan.

Bisa dibayangkan kan, kalau istrimu curhat ke teman-temannya, “suami gue sih orangnya enggak banyak nuntut, dia tetep suka kayak gimana pun rasa masakan gue” atau “suami gue romantis, tiap hari say thanks sambil ngecup gitu”. Cihuy!

2. Ajak Ngedate atau Dia Bakal Curhat pada Sahabatnya

Walau sudah punya anak, kamu harus tetap bisa mengajaknya kencan seperti waktu berpacaran dulu. Ajakan kencan akan sangat berarti walau hanya sebatas makan nasi goreng favorit di pinggir jalan.

Kencan enggak cuma refreshing buat hubungan kalian, tapi juga merupakan waktu istirahat buat istri setelah banyak melalukan rutinitas di rumah.

Dengan begini, istri bakal curhat ke temannya, “suami gue tiap minggu sih ngajak nge-mall, asyik banget kayak kencan dulu”. Walau padahal kamu jarang nraktir dia tas atau sepatu branded.

3. Dukung mimpinya

Di zaman emansipasi wanita kayak gini, dukungan kamu bakal berarti banget buat dia. Mungkin saja dia ingin sekali bisa bekerja atau bisnis agar bisa mandiri secara finansial. Atau istri mungkin ingin bisa melanjutkan sekolahnya lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Why not? Jangan halangi mereka hanya karena bisa melukai pride kamu.

Justru dengan mendukungnya, ini bisa jadi pecutan kamu untuk berjuang dengan lebih lagi, kan? Tanpa perlu dicurhatin, orang-orang akan melihat bahwa kalian adalah pasangan yang saling mendukung soal life-goals masing-masing.

4. Berbicara positif padanya dan orang lain

Kalau kamu bisa berbicara baik dengan istrimu, maka dia akan merasa dicintai dan dihargai. Jika kamu bisa berbicara positif dengan orang lain tentang istrimu, maka orang-orang akan menilai bahwa kamu adalah suami yang baik dan mencintai keluarganya.

Maka itu, sebelum istrimu curhat pada sahabatnya, lebih baik kamu curhat yang baik-baik dulu ke orang lain tentang istri.

5. Sentuhan fisik yang tak melulu berujung seks

Kadang, istri tak ingin melayani hasrat sang suami karena mereka sedang lelah, misalnya. Tapi mereka akan sangat bahagia jika kamu bisa memeluknya atau mengecup keningnya dengan hangat. Dengan begini, mereka akan sangat dimanjakan dan dicintai.

Atau kamu mau memijatnya ketika mereka lelah? Hmm, it’s better we guess.

6. Berdoa bersama dan berdoa untuknya

Ketika kamu mengajaknya berdoa bersama, maka istri akan merasa bahwa kamu adalah kepala keluarga yang amat sangat baik. Tentu saja ini karena kedekatan kamu dengan Tuhan.

Kamu bisa mengajaknya salat berjamaah. Atau jika kamu seorang Kristiani, ajak ia pergi ke gereja bersama. Romantis kan tak selalu soal kencan atau sentuhan fisik saja.

Jangan lupa berdoa juga untuk sang istri. Berdoalah untuk keluarga serta keharmonisan kalian.

7. Beri ia pilihan dan komunikasikan semua hal

Istri akan senang jika ia diberi kesempatan untuk memilih. Misal, ia bisa memilih warna cat tembok untuk kamar kalian. Hal sederhana ini bisa membuatnya merasa dihargai.

Jangan pernah memerintah karena kamu akan terkesan otoriter. Minta pendapatnya dan diskusikan segala hal.  Kamu gag mau kan Istrimu curhat  kalau dia tinggal  bareng dengan diktator otoriter

8. Jangan bikin ia ragu dengan komitmenmu

Misal kamu pernah berkomitmen berhenti merokok sebelum menikah dulu, maka itulah yang harus kamu lakukan. Ingat bahwa seorang laki-laki memegang teguh komitmennya.

Apalagi jika ini soal kebaikan. Selain sehat, berhenti merokok juga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga, kan?

Masih banyak yang bisa kamu lakukan agar istri selalu kagum dengan sikap kamu. Lakukan ini dan jangan pernah berpikir bahwa pride mu sebagai lelaki akan terganggu. Dengan melakukan hal baik, istri akan merasa bahwa ia juga harus berbuat yang terbaik pula untuk suami dan keluarganya dan gag bakal curhat soal kamu kepada sahabatnya. (Sbg/Dinda)

Comments