Smartphone Honor 10 hadir di Tanah Air dengan membawa beragam kecanggihan. (Foto Instagram honor_indonesia)
Smartphone Honor 10 hadir di Tanah Air dengan membawa beragam kecanggihan. (Foto Instagram honor_indonesia)

Sabigaju.com – Pabrikan smartphone Huawei yang berbasis di Tiongkok kembali merilis smartphone anyar di lini Honor series. Kali ini mereka melepas salah satu perangkat Honor yang terbaru adalah smartphone Honor 10 yang menawarkan spesifikasi yang cukup menjanjikan dan mumpuni.

Smartphone unggulan ini juga hadir dalam berbagai varian warna yang dikabarkan dapat berubah warna saat pengguna memegangnya.

Smartphone Honor 10 hadir dengan mengusung desain eksotis dan kamera jempolan sebagai senjata utama. Honor 10 bakal resmi dilepas di Indonesia hari ini, Kamis 2 Agustus 2018.

Body Ciamik

Smartphone Honor 10 memiliki bodi dengan warna glacier grey yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Jika kebanyakan smartphone kelas menengah ke atas menggunakan bodi belakang berbahan metal, Honor 10 mencoba tampil beda dengan menggunakan bahan kaca yang memiliki kemampuan reflektif yang unik.

Huawei mengklaim jika bodi belakang Honor 10 dibuat dari bahan kaca 15 lapis yang bakal memendarkan pantulan indah jika terkena cahaya.

Pada bagian belakang Honor 10 terdapat dua buah kamera dan satu buah lampu flash. Tidak ada fingerprint sensor di bodi belakang membuat tampilan belakang Honor 10 terlihat lebih rapi.

Sedangkan untuk bodi depan, Honor 10 hadir mengusung tema compact dengan menyematkan layar 5,84 inci ber-rasio 19:9. Layar Honor 10 ini berjenis IPS dan telah dilindungi dengan Gorilla Glass.

Di atas layarnya terdapat notch yang berisi kamera depan, sensor proximity, dan speaker. Sedangkan di bawah layarnya terdapat sebuah fingerprint sensor yang tertanam di bawah lapisan layar smartphone yang membuat tampilan sensor fingerprint di Honor 10 ini tidak mencolok.

Tidak ada tombol capacitive di bagian depan Honor 10 karena tombol tersebut berada di dalam layar. Praktis dari depan, smartphone ini terlihat elegan dan minimalis.

Layar yang tidak terlalu besar dan bezel yang tipis ditambah dengan berat bodi yang hanya 153 gram membuat Honor 10 memiliki nilai lebih di sektor ergonomi genggaman tangan dan nyaman digunakan dari kegiatan bersosial media, bermain game, hingga aktivitas kerja.

Jeroan Apik

Smartphone Honor 10 hadir dengan mengusung prosesor Hisilicon Kirin 970 octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53). Prosesor Kirin 970 ini disandingkan dengan GPU Mali-G72 MP12

Honor 10 juga didukung RAM 4GB yang dikombinasikan dengan ROM berukuran 128GB (ada juga varian 64GB untuk varian lebih murah) membuatnya mampu dijejali banyak aplikasi terkini.

Honor 10 semakin istimewa dengan dukungan layar IPS 5,84 inci ber-resolusi Full HD 1080 x 2280 piksel dengan kepadatan piksel 432 ppi. Aktivitas browsing, membuka Youtube, menonton film, hingga bermain game mampu disajikan Honor 10 dengan tampilan di layar yang memanjakan mata.

EMUI 8.1 yang dikombinasikan dengan Android Oreo 8.1 juga tidak membuat kami kerepotan meski ini merupakan pengalaman pertama kami berinteraksi dengan UI bawaan Huawei selama berhari-hari. Fitur-fitur yang disediakan juga banyak, sehingga bisa membantu memperkaya pengalaman pengguna.

Sensor di Honor 10 juga lengkap, ada accelerometer, gyro, proximity, hingga kompas di dalamnya. Selain itu, adanya fitur NFC di Honor 10 juga memudahkan pengguna untuk menyambungkan Honor 10 dengan perangkat lainnya yang memiliki fitur serupa.

Canggihnya Kamera Beauty in AI Pada Smartphone Honor 10

Kamera di Honor 10 ini menjadi salah satu nilai jual utama selain keindahan desain bodinya.

Huawei Honor 10 mengusung kamera belakang berformat dual kamera 24MP + 16MP f/1.8 yang didukung LED flash. Kamera belakang ini belum dilengkapi fitur OIS namun sudah terdapat EIS.

Kamera 24MP yang diusung Honor 10 sudah dilengkapi lensa dengan bukaan f/2.0 sehingga bisa menghasilkan foto seperti kamera belakangnya.

Tersedia pula  fitur Augmented Reality (AR) untuk menghasilkan foto/video selfie lucu hingga hadirnya fitur 3D Lighting untuk foto selfie bak model di sesi pemotretan studio.

Huawei juga menggunakan jasa teknologi Artificial Intelligence (AI) sehingga bisa mengidentifikasi 22 kategori pemotretan dan sekitar 500 kondisi pengambilan foto.

AI di kamera Honor 10 juga bisa mendeteksi jenis objek yang akan di foto semisal makanan, sehingga AI akan menyiapkan settingan terbaik untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang baik.

Soal Ketahanan Baterai

Di sektor baterai, Honor 10 mengusung baterai Li-Po 3400 mAh dengan fitur Huawei Supercharge. Smartphone ini bisa mengisi daya dari 15 persen ke 50 persen hanya dalam waktu kurang dari 25 menit saja.

Untuk proses charging hingga 100 persen rata-rata memakan waktu 1 jam. Ini tak terlepas dari charger adapter yang memiliki output 5V/4,5A.

Kapasitas baterai smartphone Honor 10 ini memang bukan yang terbesar di kelasnya. Namun baterai ini mampu menyokong kebutuhan daya prosesor Hisilicon Kirin 970, GPU Mali-G72, dan RAM 4GB dengan cukup baik.

Baterai smartphone Honor 10 mampu bertahan hingga 8 jam. Sedangkan untuk aktivitas normal seperti browsing, bersosial media, dan bermain game sesekali, Honor 10 mampu bertahan hingga 18 jam. (Sbg/Rig)

Comments