Masa Berpacaran
Banyak orang melalui masa berpacaran sebagai langkah awal untuk saling mengenal lebih jauh pasangan sebelum berlanjut ke jenjang pernikahan. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Akhir pekan biasanya digunakan oleh begitu banyak insan sebagai masa berpacaran. Yup, banyak orang melalui masa berpacaran sebagai langkah awal untuk saling mengenal lebih jauh pasangan sebelum berlanjut ke jenjang pernikahan.

Ketika kita tengah menjalani masa berpacaran, tentunya banyak dari kita berjuang untuk memutuskan apakah kita siap menghabiskan sisa hidup dengan kekasih kita saat ini.

Nah, sebenarnya berapa lama idealnya, fase berpacaran sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan? 6 bulan, 1 tahun atau 2 tahun? Begini jawabanya menurut insan penelitian.

BACA JUGA: Kenapa Cowok Lebih Perhatian Saat PDKT Ketimbang Pacaran

Masa Berpacaran yang Ideal

Cara terbaik untuk mengenal sisi baik dan buruk pasangan adalah melalui fase pacaran. Nah, menurut sebuah studi yang dilakukan Universitas Emory, pasangan yang menjalin pacaran selama satu atau dua tahun memiliki hubungan pernikahan yang langgeng, ketimbang mereka yang menjalin hubungan pacaran lebih singkat (kurang dari 1 tahun).

Selain itu, pasangan yang memiliki fase berpacaran lama, 3 tahun atau lebih memiliki peluang 50 persen lebih kecil untuk bercerai.

Hal ini dikarenakan mereka lebih mengenal pasangannya dengan sangat baik sebelum mereka memasuki bahtera rumah tangga.

BACA JUGA: Sejumlah Manfaat Berpacaran dengan Wanita Lebih Tua

Jangan Tergesa-gesa Menikah

Studi lain yang dilakukan di Penn State University juga memiliki beberapa temuan menarik. Para peneliti menganalisis hubungan 168 pasangan pengantin baru untuk jangka waktu 14 tahun.

Penelitian menyimpulkan bahwa pasangan yang berpacaran rata-rata 25 bulan sebelum menikah adalah yang paling bahagia menikah.

Penelitian yang sama ini juga berbicara tentang pasangan yang mengambil keputusan untuk menikah dengan tergesa-gesa.

BACA JUGA: SabiLove: Setelah Pacaran Lama, Pacarku Tiba-Tiba Berubah. Kenapa Ya? 

Pernikahan pasangan yang melalui masa berpacaran selama 18 bulan dan bertunangan selama setengah dari ini bertahan selama sekitar tujuh tahun dan banyak yang bercerai setelah itu.

Kedua studi menunjukkan bahwa kekasih yang memutuskan untuk menghabiskan waktu yang baik satu sama lain sebelum mengikat ikatan lebih cenderung memiliki pernikahan yang sehat dan bahagia.

Intinya adalah semakin kamu mengenal baik pasangan, dalam masa berpacaran maka tak akan sulit untuk mewujudkan pernikahan yang langgeng dan harmonis.

Maka jalanilah masa berpacaran dengan saling membahagiakan supaya benih-benih asmara tak mudah layu dan berlalu.

Saling mengenal satu sama lain lebih dekat dalam masa berpacaran bisa membuat hubungan kalian tak berakhir menjadi tangisan belaka saat menikah kelak. (Sbg/Rig)

Comments