Kemeja Formal
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Setiap pria tidak terkecuali kamu tentu memiliki kemeja formal. Masalahnya, tidak mudah menemukan kemeja yang pas dengan ukuranmu di pasaran.

Khusus untuk kemeja formal, tidak jarang pria akan pergi ke tempat jahit dan membuat sendiri ukuran kemeja formal untuk mereka.

Ada sebagian pria yang akan bersabar untuk mengunjungi setiap toko dan mencoba kemeja formal yang mereka sukai. Tapi, ini tentu akan memakan waktu yang cukup lama, bukan?

Berikut ini adalah beberapa langkah efektif yang dapat kamu lakukan untuk memilih kemeja formal dengan ukuran yang paling sesuai denganmu.

BACA JUGA: Begini Cara Cerdas Pria Kekinian Berbelanja Pakaian

Ukurlah Lehermu

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengambil pita ukur (meteran) untuk mengukur lingkar lehermu.

Ukurlah lingkar lehermu terutama pada bagian yang biasa digunakan untuk tempat jatuhnya kerah.

Jangan lupa untuk menambahkan sekitar 1,5 inch pada lingkar pita ukur tersebut. Kelonggaran pada pita lehermu dapat membuat kemeja tidak terasa mencekik lehermu.

BACA JUGA: Kuy, Bikin Pakaian Kita Panjang Umur Biar Nggak Jadi Limbah 

Ukur Panjang Lengan

Aspek lain yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan dalam memilih kemeja formal adalah dengan mengukur panjang lengan.

Cobalah minta bantuan temanmu agar kamu dapat mengukur panjang lenganmu. Caranya adalah dengan mengukur dari pangkal leher hingga pergelangan tangan.

Jangan lupa memastikan agar pita ukur jatuh tepat di pergelangan tanganmu agar kemejamu cocok untuk kamu kenakan.

BACA JUGA: Ragam Warna Fesyen yang Aman Digunakan oleh Pria

Ukur Pinggang

Pinggang adalah salah satu bagian yang penting untuk kamu ukur. Untuk mengukur pinggang, kamu dapat berdiri dan mengukur lingkar pinggangmu.

Jangan lupa untuk menambahkan 1,5 inchi dari hasil ukur pinggangmu.

Memilih Cutting Sesuai Selera

Setelah selesai mengukur, kamu dapat langsung memilih cutting kemejamu yang dapat kamu sesuaikan dengan selera.

Kamu dapat memilih athletic cut yang umumnya slim dan mengecil pada bagian pinggang. Selain itu, kamu juga dapat memilih regular cut yang lebih renggang daripada athletic cut.

Pastikan kamu memilih potongan kemeja yang memang sesuai dengan keinginanmu. Jangan lupa untuk memilih brand yang kamu sukai jika memang sudah memiliki preferensi tertentu.

Nah, Semoga dengan cara-cara tadi dapat membantumu saat memilih kemeja formal. (Sbg/Vania)

Comments