pewangi
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Produk pewangi sekarang memang punya banyak aroma. Tapi yang jelas, aroma yang dihasilkan campuran parfum tersebut terbilang sangat kuat. Apalagi jika produk ini diproduksi khusus untuk pria..

Secara umum, deodoran khusus pria memiliki aroma yang kuat. Aroma yang bold dan strong ini sengaja menunjukkan citra maskulin. Tak hanya itu, aroma ini diciptakan agar lebih tahan lama.

Namun, tahukah kamu aroma kuat dalam pewangi ini ternyata bisa merusak kesehatanmu?

BACA JUGA: Pentingnya Grooming untuk Penampilan Pria

Aroma Wangi Kimia yang Merusak kesehatan

Seperti yang dikutip laman Men’s Health dalam artikel berjudul Why Your Deodorant Might Be Making You Flabby, Tired, and Impotent, semua parfum ini bisa berpotensi merusak kesehatan karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Menurut Anne Steinemann, seorang profesor Insinyur Sipil dari Universitas Melbourne, orang yang terpapar aroma kuat dalam waktu lama ini akan mengalami kesulitan bernapas, asma, migraine, pusing kepala, ruam, kejang, mual dan berbagai masalah fisik lainya.

Cowok Menggunakan PewangiPewangi
(Foto: Highsnobiety)

Kemudian studi lain dari North Carolina state University juga menjelaskan bahwa efek buruk ini kemungkinan berkaitan dengan pemakaian phthalates, sejenis bahan kimia dalam pewangi tersebut. Zat ini juga ditemukan pada sabun dan sampo.

Zat ini juga bisa menyebabkan abnormalitas pada sistem reproduksi pria dan bisa mengganggu perkembangan neuro.

BACA JUGA: Begini Cara Memakai Parfum yang Benar Agar Wangi Tahan Lama

Bahaya Pewangi dalam Produk Perawatan Rumah

Kemudian riset mengerikan lainnya pada tahun 2014, ada zat merugikan lainnya yang terkandung dalam parfum pewangi tersebut, yakni styrene.

Parfum ini terdapat pada produk personal care dan produk perawatan rumah. Bahkan styrene bisa mengakibatkan kanker pada manusia.

Cowok menggunakan Pewangi
(Foto: glambox.me)

BACA JUGA: Mengetahui Karakter Cowok Berdasarkan Parfum Favoritnya

“Styrene, sangat penting untuk diketahui, bisa ditemukan pada ratusan produk yang mengandung parfum kimia dan bisa menyebabkan karsinogenik atau penyebab kanker,” demikian kata Robin Dodson seorang peneliti ilmiah seperti dikutip Men’s Health.

Apa yang harus dilakukan?

Tentu kamu harus menghindari produk pewangi jika memungkinkan. Beli produk tanpa aroma adalah cara efektif mengurangi paparan kimia tersebut.

Kamu cukup menggunakan cologne sebagai pengganti pewangi dari produk apapun. Mulailah menggunakan produk pembersih tanpa parfum. (Sbg/Dinda)

Comments