Kondisi Kemacetan
Terjebak macet saat adzan maghrib berkumandang adalah hal yang lumrah bagi para pekerja. Namun demikian, menunda berbuka puasa juga tidak dianjurkan dalam agama Islam. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Salah satu hal yang menjadi pemandangan di Bulan Ramadhan adalah  kondisi kemacetan yang terjadi di saat menjelang berbuka puasa.

Kondisi tersebut sering menjadi rintangan kita untuk mewujudkan keinginan berbuka puasa bersama keluarga di rumah, yang pastinya diidamkan banyak orang.

Ketika kita terjebak dalam kondisi seperti ini, maka yang harus kita lakukan adalah menjaga kondisi mood, agar tetap semangat menuju waktu berbuka puasa.

Nah, ada beberapa cara jitu yang bisa kamu siapkan dalam menghadapi kondisi kemacetan di jalan raya saat hendak berbuka puasa. Sabigaju coba merangkum seperti berikut ini.

BACA JUGA: Gilanya Kemacetan Jangan Bikin Kita Jadi Gila 

Peran Teknologi

Untungnya ada sejumlah aplikasi seperti Google maps, Waze ataupun Here Maps yang bisa membantu kita berkendara untuk mengetahui kondisi kemacetan dan lalu lintas secara langsung atau real time.

Termasuk perubahan rute otomatis untuk mencari rute terbaik hingga berbagi lokasi langsung ke teman.

Jadi, kamu tak perlu lagi repot repot menanyakan lewat mana untuk sampai ke tempat lokasi kamu bertemu.

BACA JUGA: Ini yang Buat Pria Lebih Emosional Ketika Menghadapi Perceraian

Jaga Emosi

Kemacetan di waktu menjelang berbuka puasa selalu terjadi, khususnya di kota Jakarta. Dan kondisi itu cukup mengganggu di mana setiap pengendara tergesa-gesa untuk segera sampai di rumah untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Saat kamu berkendara sebaiknya tetap tenang dan atur pikiran untuk selalu berpikir positif dan bersabar, agar menjaga emosi tetap stabil.

Jaga kecepatan kendaraan dan jaga jarak aman dengan kendaraan di sekeliling kamu.

BACA JUGA: Menguak Rahasia Khasiat Lagu Religi di Bulan Ramadhan

Lafalkan Ayat Suci

Ditengah kondisi kemacetan selain menjaga emosi tetap stabil,  ada baiknya melafalkan ayat suci Alquran agar ketenangan terus terjaga selama dalam perjalanan.

Siapkan Musik kesukaan

Langkah lain yang bisa kamu lakukan adalah mendengarkan musik dari siaran radio atau memutar lagu kesukaanmu.

BACA JUGA: Terapkan Pola Pacaran Sehat Agar Puasa Tidak Batal

Siapkan Sajian Ringan untuk Membatalkan Puasa

Terjebak macet saat adzan maghrib berkumandang adalah hal yang lumrah bagi para pekerja khususnya di kota Jakarta. Namun demikian, menunda berbuka puasa juga tidak dianjurkan dalam agama Islam.

Nah, bagi kamu yang pulang kerja menggunakan kendaraan ada baiknya menyiapkan menu berbuka ringan berupa roti dan air putih. Tidak sulit bukan menyimpan sebotol air putih dan setangkup roti di tas.

Nah dengan sejumlah hal di atas tadi semoga dapat membantu kamu menghadapi kondisi kemacetan saat hendak berbuka puasa. (Sbg/Rig)

Comments