Stres di Kampus
(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Meski banyak mahasiswa baru yang merasa gembira melakukan aktivitas kuliah di kampus pilihannya, tak sedikit juga yang mengalami stres di kampus.

Lingkungan baru, seabreg tugas maupun soal senioritas adalah sedikit hal yang membuat mahasiswa baru mengalami stres di kampus.

Namun stres adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan, dan tidak ada cara untuk menghilangkan stres dari hidupmu.

Satu-satunya hal yang dapat kita lakukan adalah menguranginya ke tingkat minimal, sehingga kita dapat terus menjalani hidup kita tanpa berada di bawah tekanan konstan.

Maka, sangat penting bagi setiap mahasiswa untuk memahami bagaimana mengatasi stres di kampus. Dan simak cara jitunya berikut ini

Buatlah Perencanaan

Beberapa orang mengatakan perencanaan membuat mereka stres. Namun, menurut psikolog, Robert Epstein mengatakan bahwa perencanaan adalah teknik yang efektif untuk mencegah stres.

“Melawan stres bahkan sebelum dimulai, merencanakan sesuatu daripada membiarkannya terjadi,” – itulah bagaimana Epstein melihat manfaat perencanaan,” ujarnya

Dengan melakukan perencanaan kamu akan merasa siap untuk tantangan. Maka kamu meminimalisir diri masuk dalam kondisi stres di kampus.

BACA JUGA: Kebiasaan Buruk yang Membuatmu Sulit Berkembang di Masa Depan 

Buatlah Skala Prioritas

Dengan menentukan skala prioritas kamu bisa meminimalisir stres di kampus. Membuat skala prioritas kamu tidak bisa melakukan berbagai hal tidak penting untuk dilakukan dalam satu hari bersamaan.

Jika dalam satu hari kamu ingin menjelajahi kampus, bergabung dengan dua klub, bertemu teman baru, ikut kegiatan drama, hingga menjadi bagian dari pers kampus. itu tandanya aktivitasmu di kampus sudah melampaui batas alias terlalu banyak.

Dan saatnya untuk memilah . Soalnya seabreg kegiatan itu bisa bikin kamu stres di kampus

Ingat prioritasmu di kampus adalah belajar, menghadiri kuliah, menulis proyek wajib, dan menjalani kehidupan sosial yang moderat.

BACA JUGA: Fakta Lucu Kehidupan Mahasiswa, Bikin Kangen Masa Kuliah

Temukan Ruang untuk Waktu Sosial

Biar kamu tidak stres dikamus bukan berarti kamu harus mengerjakan makalah dan belajar selama sebulan penuh tanpa bertemu siapa pun.

Jangan lakukan hal itu, karena bisa merusak kehidupan sosial kamu sebagai makhluk yang harus bersosialisasi

Terkadang kamu perlu menghadiri pesta yang menyenangkan dan bertemu banyak orang baru, berjalan-jalan ataupun sekedar kongkow bersama orang yang kamu sukai.

BACA JUGA: Tinggalkan, Sederet Gaya Hidup yang Bisa Menghambat Kesuksesan 

Pijat

Ya, ini tip yang serius dan praktis. Saat kamu menjalani minggu yang sibuk dengan jadwal yang ketat cobalah untuk mendapatkan suasana rileks dengan pijat di akhir pekan.

selain bisa mengurangi ketegangan otot, pijat juga bisa mengurangi ketegangan psikologis lho gaes.

Olahraga

Ya, ada cukup waktu untuk itu. Jika kamu tidak dapat melakukannya selama seminggu full, kamu dapat melakukannya di waktu akhir pekan.

Ada alasan utama Mengapa Anda membutuhkan aktivitas olahraga dalam hidup.Karena aktivitas olahraga memompa endorfin . Itulah neurotransmiter yang membuat kamu merasa baik.

Pilih jenis olahraga yang Anda sukai dan tetap berkomitmen untuk itu.

BACA JUGA: Untuk Para Fresh Grad: Setelah Lulus Sebaiknya Apa yang Dilakukan?

Cukup Waktu TIdur

Pastinya kamu bakal menjadi kurang sehat, kurang efisien dalam belajar, dan semakin banyak stres di kampus ketika kamu kurang tidur.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur untuk otak dan tubuh mereka untuk beregenerasi.

Pastikan untuk cukup tidur setiap hari bahkan ketika kamu memiliki banyak jadwal di kampus.

Comments