Mengantuk
Tak sedikit pria yang mengantuk usai menikmati makan siang. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Biasanya orang kembali bugar usai menyantap makan siang. Namun, kenyataanya tak sedikit pria yang malah mengantuk usai menikmati makan siang.

Hal ini tentunya membuat kita jadi kehilangan konsentrasi untuk bekerja.

Yuk ketahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya agar kamu tetap bugar usai menyantap makan siang.

BACA JUGA: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kamu Makan Siang dengan Klien

Penyebab Mengantuk usai Makan Siang

Mengantuk usai makan siang adalah hasil respon tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah makan.

Rasa kantuk ini bisa diakibatkan beberapa hal, salah satunya adalah produksi hormon serotonin dan melatonin.

Dua hormon tersebut biasanya meningkat saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

Menurut peneliti William Ja, seorang profesor ilmu saraf di Scripps Research Institute, Florida, rasa kantuk usai makan dipicu oleh sinyal kewaspadaan yang membuat manusia tetap terjaga saat lapar namun memicu rasa kantuk ketika kenyang.

“Ketika manusia makan hingga kekenyangan, sinyal kewaspadaan ini menghilang dan digantikan oleh perasaan lelah dan mengantuk,” ujar William

BACA JUGA:

Selain Olahraga, Buah-buahan ini Paten Banget untuk Menurunkan Berat Badan

Temuan William didukung sebuah studi kecil pada 2018. Peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan kaya sayuran dan lemak sehat lebih rendah peluangnya mengalami kantuk setelah makan daripada mereka yang mengonsumsi makanan berat yang mengandung daging olahan, makanan cepat saji dan minuman ringan.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa diet sehat menghasilkan rasa kantuk yang lebih rendah di siang hari,” ujar Claudia Moreno, peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas São Paulo di Brasil.

Teori lainnya adalah adanya perubahan sirkulasi darah setelah makan sehingga membuat beberapa orang mengantuk. Tomonori Kishino, seorang profesor ilmu kesehatan di Universitas Kyorin Jepang mengatakan, setelah makan aliran darah ke usus kecil meningkat secara dramatis. Akibatnya terjadi penurunan aliran darah ke otak sehingga memicu rasa kantuk.

“Di antara orang-orang yang melewatkan sarapan, umumnya aliran darah otak menurun drastis setelah mereka makan siang. Ketika kita melewatkan sarapan maka memicu beban berat pada tubuh karena menyebabkan perubahan yang lebih besar dalam aliran darah dan memicu kantuk,” imbuh dia.

Lantas bagaimana mengatasi rasa mengantuk usai makan siang

BACA JUGA: Makan untuk Hidup Bikin Panjang Umur, Rahasia Diet Okinawa

Berhenti makan sebelum kenyang

Saat perut lapar di siang hari, kita cenderung kalap dan akhirnya makan berlebihan. Hal ini bisa memicu rasa lelah dan kantuk setelahnya.

Tubuh butuh energi lebih besar saat mencerna makanan yang masuk dalam jumlah banyak sekaligus.

Maka, hentikan aktivitas makan sebelum kenyang dan perbanyak minum air putih untuk menekan keinginan makan berlebih.

Minum Air Putih yang Cukup

Salah satu manfaat terbesar dari minum air putih adalah membantu meningkatkan konsentrasi. Tubuh harus dalam keadaan terhidrasi agar terhindar dari rasa lelah.

BACA JUGA: Diet Hanya dengan Air Putih. Kok Bisa?

Konsumsi air putih 30 menit sebelum makan akan efektif mengontrol rasa lapar. Minum air putih lagi 30 menit setelah makan bisa membantu proses pencernaan jadi lebih maksimal.

Beranjaklah dari meja dan mulai bergerak

Setelah makan, jangan langsung kembali ke meja kerja. Sebisa mungkin sempatkan waktu paling tidak 15 menit untuk aktif bergerak, misal dengan berjalan dan berkeliling kantor.

Aktivitas sederhana ini bisa meningkatkan aliran darah, sehingga distribusi nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh bisa lebih lancar dan membuat kamu kembali merasa segar

BACA JUGA: Sulit Bangun Pagi Itu Masalah Gen! Loh Kok Bisa 

Cuci Muka

Saat diserang kantuk, sebaiknya buru-buru pergi ke toilet untuk mencuci muka. Rasa dingin dari air akan mengusir kantuk dan membuat kamu kembali bersemangat.

Selain wajah, basuh juga sedikit area depan rambut, leher, dan tangan biar kamu makin segar dan bisa kembali fokus bekerja. (Sbg/Rig)

Comments