Mengonsumsi Junk Food
(Sumber Foto: agronfoodprocessing.com)

Sabigaju.com – begitu banyak orang yang sulit menghentikan kebiasaan mengonsumsi  junk food. salah satu alasan terbesar yang menghalanginya adalah orang tidak mampu menahan godaan.

Sepertinya, dibutuhkan taktik tertentu membantu seseorang untuk mengatasi kebiasaan mengonsumsi  junk food dan menjadikannya bagian dari rutinitas sehari-hari.

Berikut beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kebiasaan mengonsumsi  junk food.

Pahami Dirimu

Tidak ada yang lebih penting daripada memahami diri sendiri termasuk sifat buruk pikiran dirimu sendiri. Kamu adalah hakim terbaik bagi dirimu sendiri.

Nah, hall pertama yang perlu dilakukan adalah berhenti menyimpan makanan yang kamu inginkan di dapur. Kamu cenderung memakan makanan yang mudah dijangkau.

Apalagi jika tempat kerjamu berada di dekat outlet makanan yang sering kamu kunjungi. Pastinya kamu bakal mengubah rute perjalanan untuk mulai bekerja.

Satu hal lagi, apa pun yang Kamu lakukan, jangan pergi ke tempat-tempat ‘makanan cepat saji’ dengan teman-teman.

Upaya menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan sampah  bisa gagal lantaran godaan dari teman.

BACA JUGA: Kesehatan Terancam, Bila Terlalu Banyak Menyantap Kuliner Sushi 

Mulailah untuk Membencinya

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi kuliner sampah adalah dengan memulai berbelanja makanan sehat dari super market dengan daftar.

Memiliki daftar akan membantumu menjauhkan diri dari junk food. Selain itu, cobalah untuk tidak bergantung pada sandwich atau makanan olahan yang digoreng.

Ini juga termasuk dalam kategori junk food. Rencanakan makanan yang terdiri dari segalanya mulai dari makanan pembuka sampai utama hingga hidangan penutup.

Ini akan membantumu tetap sehat. Setelah kamu tiba di rumah, masak makanan dan buat proses semenarik mungkin. Ini akan memperkuat ide memasak setiap hari.

BACA JUGA: Mindful Eating untuk Atasi Aktivitas Makan Berlebih

Chew More Eat Less

Waktu yang kamu habiskan untuk mengunyah makanan akan memperpanjang jumlah total menit yang kamu makan. 20 menit dari saat kamu mulai makan perut akan memberi sinyal kenyang.

Jadi cobalah untuk melewati 20 menit mengunyah ini. Latihan ini akan membutuhkan waktu untuk dikuasai tetapi seiring waktu kamu dapat dengan mudah mempelajari prosesnya dan kemudian kamu akan segera terbiasa.

Semakin banyak yang kamu ketahui, semakin sedikit makanan sampah yang akan dikonsumsi

Langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi junk food adalah mencari berbagai informasi yang terkait dengan bahaya junk food.

Dengan menyaksikan video dan baca berbagai infomasi  yang tersebar di internet, kamu bisa mengetahui bagaimana junk food dibuat bisa membuatmu terpicu untuk berhenti memakannya tanpa usaha apa pun.

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya

Terapkan Cheat Day

Ya, kamu boleh melakukannya. Tidak ada yang menyarankan kamu berhenti total mengonsumsi makanan junk food. Karena hampir tidak mungkin.

Jadi berlaku curang, seperti seminggu sekali atau sekali dalam 10 hari. Ini akan menjauhkanmu dan membantu mengendalikan keinginanmu mengonsumsi makanan tidak sehat tersebut

Nah, semoga artikel ini bisa membantumu mengalahkan kebiasaan mengonsumsi junk food untuk selamanya.(Sbg/Rig)

Comments