Beranda SABIGAJU+ Begini Cara Bahagia dengan Diri Sendiri Tanpa Bergantung pada Orang Lain

Begini Cara Bahagia dengan Diri Sendiri Tanpa Bergantung pada Orang Lain

5 menit baca
0
0
56

bahagia

Sabigaju.com – Memprioritaskan kebahagiaan diri Anda sama sekali tidak salah. Justru kebahagian adalah hak dan tanggung jawab Anda sendiri. Oleh karena itu, tak perlu menunggu orang lain untuk membahagiakan Anda karena Anda bisa membahagiakan diri sendiri. Berikut ini beberapa cara membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Simak selengkapnya, yuk!

Menjadi Bahagia dengan Diri Sendiri

1. Rutin Melakukan Hobi

Hobi adalah energi. Dengan rutin menekuni hobi, Anda akan mendapatkan energi positif dan perasaan bahagia karena telah melakukan sesuatu yang benar-benar Anda senangi. Melakukan hobi secara rutin bukan berarti setiap hari. Namun, Anda bisa menyesuaikan dengan jadwal kesibukan yang ada.

Setidaknya, beberapa kali dalam sebulan Anda melakukan aktivitas tersebut. Yang terpenting, hobi tersebut tidak mengganggu kewajiban Anda. Nah, apakah selama ini Anda sudah meluangkan waktu khusus untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan hobi?

2. Solo Travelling

Tidak bisa dipungkiri kalau rutinitas dan tuntutan yang hadir setiap hari membuat Anda merasa stres sehingga rasanya sulit menemukan kebahagiaan. Bila produktivitas sudah berkurang dan perasaan tidak bahagia datang terus menerus, mungkin hal tersebut adalah sinyal untuk Anda mengajukan cuti dan travelling.

Anda bisa menjadikan momen travelling ini sebagai ajang untuk mengenal diri sendiri lebih dalam lagi. Caranya, lakukan solo travelling. Terdengar menantang kan? Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba karena cara ini cukup efektif untuk membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain.

3. Berolahraga

Berolahraga ternyata juga memiliki peran penting terhadap hormon bahagia di dalam tubuh Anda. Menurut mentalhealth.org manfaat olahraga bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga berpengaruh terhadap kondisi psikis Anda. Dengan rutin melakukan olahraga, Anda akan merasa lebih aktif, tidak mudah kelelahan, dan juga puas. Aura positif yang datang karena tubuh sehat pun akan memudahkan Anda untuk sering merasa bahagia tanpa harus bergantung pada orang lain.

4. Berdamai dengan Diri Sendiri

Terkadang, perasaan tidak bahagia itu juga berasal dari diri sendiri. Kejadian atau pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan bisa memicu kekecewaan pada diri sendiri dan berlangsung berlarut-larut. Bila kondisinya seperti ini, Anda akan cenderung sulit untuk merasa bahagia.

Jadi, cara terbaik untuk membuat Anda bahagia tanpa bantuan orang lain adalah berdamai dengan diri sendiri. Kekecewaan dan kesalahan masa lalu cukup dijadikan pelajaran, namun jangan menjadikannya penghalang untuk kebahagiaan Anda. Cara ini memang tidak mudah, tetapi dengan keyakinan diri Anda, Anda pasti bisa melakukannya!

5. Fokus pada Hal Positif dari Diri Sendiri

Kita memang lebih mudah menyalahkan diri sendiri hingga merendahkan diri sendiri. Tapi, tahukah Anda kalau hal tersebut membuat Anda sulit menemukan kebahagiaan? Kebahagiaan sebaiknya memang dimulai dari diri sendiri. Misalnya dengan fokus pada hal positif dari diri Anda.

Anda bisa mewujudkannya dengan cara memuji atau mengapresiasi diri sendiri. Cara ini akan membuat Anda merasa berharga dan menyadari kalau kebahagiaan diri sendiri patut dipriositaskan tanpa perlu menunggu bantuan orang lain.

Kelima cara membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain tersebut bisa Anda coba sendiri. Ingat selalu kalau kebahagiaan diri Anda ada di tangan Anda! Dan, selamat mencoba membahagiakan diri sendiri. (Sbg/Er)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak Ladrina Sabigaju
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

Kepulangan Novel Baswedan, Jadi Trending Topic

Sabigaju.com – Penyidik KPK, Novel Baswedan, tiba di Gedung KPK hari ini, Kamis (22/…