Berkendara
Salah satu masalah yang kerap dihadapi saat berkendara di Bulan Ramadhan adalah kondisi kemacetan lalu-lintas yang biasa terjadi jelang waktu berbuka puasa. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Kamu masih harus berkendara walaupun sedang puasa? Puasa mewajibkan tubuh menahan haus dan lapar selama belasan jam sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan mengalami penurunan hingga berpotensi mengalami dehidrasi.

Hal ini tentu dapat mengganggu konsentrasimu ketika menge. Namun, jangan jadikan puasa sebagai penghalangmu dalam berkonsentrasi ketika sedang berkendara.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar aman berkendara ketika menghadapi kemacetan lalu-lintas di bulan puasa.

BACA JUGA: Cara Jitu Menghadapi Kondisi Kemacetan Saat Hendak Berbuka Puasa 

Jaga Kecepatan

Fisik orang yang sedang berpuasa tentu tidak sebugar ketika sedang tidak berpuasa. Ini menyebabkan rasa kantuk sangat mungkin muncul ketika badanmu tengah tidak bugar.

Untuk itu, sebaiknya kamu berkendara dengan kecepatan wajar karena kemampuan spasial dalam membaca jarak dan kecepatan seorang yang sedang berpuasa dapat menimbulkan reaksi yang lambat. Kamu perlu tetap menjaga kecepatanmu agar wajar dan stabil.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Horor Kemacetan Saat Liburan Weekend

Perhatikan Waktu Tidur

Ketika puasa, sudah tentu waktu tidurmu akan semakin berkurang karena terpotong oleh waktu sahur.

Hal ini akan membuatmu otomatis merasa mudah lelah dan kurang berkonsentrasi ketika harus mengendarai mobil  saat sedang berpuasa.

Kamu perlu mengurangi atau menghindari begadang agar dapat memaksimalkan waktu puasamu.

BACA JUGA: Waspadai Titik Rawan Kemacetan Saat Mudik Lebaran 

Jaga Emosi

Ketika bulan puasa, kemacetan kadang menjadi lebih parah dari biasanya. Hal ini karena banyak orang akan berupaya untuk mengejar waktu pulang ke rumah agar dapat berbuka puasa bersama keluarga tercinta.

Ketika mengemudi, kamu tetap harus berusaha menjaga emosimu seperti apa pun kondisi di jalan.

Kamu harus tetap berpikiran positif ketika berkendara. Cara mengemudi yang baik dan santai akan membuat pengguna jalan lain juga merasa nyaman sehingga risiko macet pun menjadi berkurang.

BACA JUGA: Menjadi Lebih Produktif Saat Terjebak Macet 

Memanfaatkan In-Car Entertainment

Ketika tengah  menghadapi macet, ada baiknya kamu tetap memanfaatkan in-car entertainment agar kamu dapat tetap terjaga.

Hal ini karena entertainment akan menstimulus pikiranmu agar tetap jernih sehingga kamu tetap dapat menjaga mood baikmu. In-car entertainment juga mampu meminimalisir kadar emosi yang mampu memicu keluarnya energi yang cukup besar. (Sbg/Vania)

Comments