Motor bebek Jadul Rasa Moge
(Sumber Foto:(Maruichi Motorcycle)

Sabigaju.com – Salah satu tren modifikasi motor yang tengah diminati dikalangan pecinta roda dua belakangan ini adalah restorasi motor bebek lawas untuk dipakai harian, karena menciptakan kesan retro atau vintage.

Lantaran itu pula harga jual bekas motor bebek yang perlahan mulai naik. Nah Tren motor bebek jadul bukan hanya terjadi di Indonesia , tapi juga di Jepang.

Tapi gaes, di Jepang motor bebek jadul yang di modifikasi tidak menggunakan mesin standar, melainkan mesin 250 cc 4-silinder.

Hal ini diketahui dari beredarnya berbagai foto-foto motor bebek jadul bermesin motor gede di media sosial. Usut punya usut ternyata motor motor bebek jadul bermesin moge tersebut berasal dari bengkel motor custom asal Jepang, yakni Maruichi Motorcycle.

BACA JUGA: Apa Saja Pilihan Motor Matic yang Aman di Era New Normal?

BMX Dicustom Mesin

Maruichi sendiri terkenal sebagai bengkel spesialis modifikasi yang kerap mengawinkan mesin motor bebek dengan rangka sepeda BMX.

BMX dicustom Mesin
(Sumber Foto: Maruichi Motorcycle)

Untuk membuat motor dari sepeda BMX, Maruichi memakai mesin Honda C50. Maruichi pun menamai model modifikasi ini BMX Cub atau Iron Duck.

Belakangan mereka mengembangkan aliran modifikasi ini Crazy Cub. Julukan crazy sendiri sepertinya merujuk pada ide gila mereka yang memadukan honda bebek jadul dengan mesin 250 cc 4-silinder.

BACA JUGA: Tips Aman Buat Pengendara Motor Saat Pandemi Corona 

Bebek Jadul Jadi Sadis

Nah Salah satu custom motor bebek jadul Kreasi Mariuichi yang mendapat begitu banyak sorotan adalah yang dipadukan dengan mesin moge Kawasaki ZXR-250.

Kreasi motor bebek jadul bermesin moge
(Sumber Foto: Maruichi Motorcycle)

Menariknya, bukan hanya mesinnya saja yang digunakan. Maruichi juga mengandalkan beberapa komponen ZXR-250 lainnya, seperti rangka aluminium, sokbreker depan, swingarm, dan beberapa komponen lainnya.

Secara spesifikasi, ZXR-250 mengusung mesin 249 cc, 4-silinder segaris, DOHC, 16- klep, dan transmisi 6-percepatan.

Motor bebek Jadul Rasa Moge
(Sumber Foto: Maruichi Motorcycle)

Motor sport tersebut diklaim memiliki tenaga 45 dk pada 15.000 rpm dan torsi maksimal 24,5 Nm di 11.500 rpm. Selain itu, kabarnya putaran mesinnya bisa mencapai 19.000 rpm.

Agar mesin 250 cc 4 silinder tetap dipasang, maka rangka Ninja ZXR-250 dipertahankan.Selain itu, sok depan, swing arm dan beberapa komponen ZXR-250 juga ikut dipertahankan.

Bagian yang menarik ada pada pemilihan warnanya. Kelir body Honda Super Cub dan rangka ZXR-250 dibuat senada.

 

BACA JUGA: Hobi Modifikasi Motor itu Keren, Sayang! 

Sadisnya lagi, Motor bebek ini juga sudah dilengkapi dengan knalpot Akrapovic. Sehingga, terdengar suara raungan mesinnya yang bulat dan padat pada video yang diunggah.

Nah, Untuk biaya kastem  pihak maruichi motorcyle  sendiri mengungkapkan hal itu tergantung dari basis motor yang akan digunakan untuk membuat Crazy Cub.

Kamu tertarik mengubah motor bebek jadul dirfumah jadi sangar seperti atas? (Sbg/Rig)

Comments