Gereja Basilika Notre-Dame di Kota Nice di Jaga ketat Polisi
(Foto: Instagram.com/mehdibouchin)

Sabigaju.com – Gereja Basilika Notre-Dame di Kota Nice menjadi sorotan di dunia setelah terjadinya serangan keji pada Kamis (29/10) lalu yang menewaskan 3 orang dan beberapa terluka.

Pasca kejadian brutal tersebut, Gereja Basilika Notre-Dame di Kota Nice sendiri kini ditutup. dan dijaga ketat oleh polisi bersenjata dan tentara.

Gereja Basilika Notre-Dame di Kota Nice merupakan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi para traveler mancanegara lantaran keindahannya. Yuk kita tegok   tempat  ini gaes!

BACA JUGA: Tragedi Brutal Bikin Kota Nice Jadi Sorotan Dunia

Saksi Sejarah Panjang Kota Nice

Basilika Notre-Dame adalah bagian dari sejarah yang membawa suasana dinamis bagi Kota Nice di Perancis.

Basilika, ini dibangun antara tahun 1864 dan 1868, dirancang oleh Louis Lenormand dan merupakan gereja terbesar di Nice,

Bangunan ini mengusung gaya arsitektur neo-gothik yangk mencerminkan gaya arsitektur Prancis di Kota Nice. Hal ini berkaitan dengan sejarah Kota Nice yang dianeksasi ke Prancis dari Kerajaan Sardinia di Italia.

(Sumber: Instagram.com/anthony_blion)

Pada akhir abad ke-14, Nice menjadi bagian dari Italia, tepatnya dibawah perlindungan House of Savoy.

Meski sempat beberapa kali jauh ke tangan Prancis. Nice kembali ke tangan House of Savoy setelah tahun 1814, yang pada waktu itu juga menjadi penguasa Kingdom of Piedmont-Sardinia.

Nice pada akhirnya menjadi milik Prancis secara permanen setelah Treaty of Turin ditandatangani pada tahun 1860.

Pada waktu itu Italia meminta bantuan Prancis untuk memenangkan perang kemerdekaan kedua melawan Austria, yang pada akhirnya dimenangkan oleh Italia.

Sebagai imbalan atas jasa Prancis membantu perang, Nice pun diberikan ke Prancis.

BACA JUGA: Macron Lupa, Muslim Berjasa Hantar Perancis Juara Dunia

Jadi Favorit Turis Manca negara

Basilika Notre-Dame adalah basilika Katolik Roma yang terletak di Kawasan Avenue Jean Médecin di pusat Kota Nice.

Banyak wisatawan yang berkunjung ketempat ini lantaran letaknya yang tak jauh dari pusat perbelanjaan, mall, ataupun hotel serta kafe yang banyak berdiri di sekitar kawasan tersebut.

(Foto: Instagram.com/phillip_gregor)

Di bagian Depan bangunan, jelas terlihat batu putih besar didominasi oleh dua menara persegi masing-masing setinggi 31m, tiga serambi berjejer di fasad gereja.

Tidak ketinggalan fitur jendela kaca patri mawar besar yang sangat indah di atas pintu masuk yang menggambarkan Assumption of Mary.

BACA JUGA: Sederet Tempat Hiburan yang Tidak Biasa di Moscow

Jendela tersebut makin menambah bagian depan bangunan ini. Terlebih saat sinar matahari yang cerah mengalir melaluinya.

(Sumber: Basilique Notre-Dame de L’Assomption)

Bagian dalam bangunan ini bisa dibilang sederhana sederhana namun menjadi elegan lantaran desain langit-langit yang berkubah.

Selain menjadi gereja Katolik, basilika ini juga menyelenggarakan konser dan pertunjukan rutin sepanjang tahun serta festival musik tahunan selama musim panas dan musim dingin.

(Foto: Instagram.com/michelecorrias)

Di malam hari, tempat ini bertambah spektakuler dan indah, lantaran pancaran cahaya lampu-lampu membuat Basilika Notre Dame di Kota Nice  bermandi cahaya. (Sbg/Rig)

Comments