PlayStation Classic
(Foto: Sony)

Sabigaju,com – Kehadiran Game konsol Playstation Classic yang dirulis baru-baru ini rupanya mendapat sambutan cukup bagus di pasaran.

Disatu sisi kehadiran Playstation Classic sebagai sarana menjual nostalgia akan game klasik PlayStation generasi pertama, hanya memuat beberapa game pilihan tanpa bisa menambahkan banyak game lain. Hal itulah yang membuat banyak fans kecewa.

Namun kekecewaan itu sepertinya berakhir, karena seseorang berhasil melakukan hack PlayStation Classic.dan dapat memainkan game diluar dari apa yang telah playstation benamkan dalam konsol terbarunya itu.

BACA JUGA:

Gampang Diretas

Nama gamer asal Jepang, Hiromitsu kin tengah menjadi bahan perbincangan dikalangan para pecinta Playstation lantaran berhasil menghack PlayStation Classic

hal itu dipelihatkan lewat Lewat akun media sosial miliknya @bakueikozo belum lama ini yang menunjukan bahwa ia berhasil memainkan image game (umumnya berformat .iso, red) yang ia sambungkan dari memory USB. Ia menyebutkan bahwa prosesnya masih manual, namun masih bisa diubah.

“Saat ini masih dilakukan secara manual, tetapi dapat berubah sewaktu-waktu,” tulis tweet tersebut.

Sebelumnya, seorang YouTuber mendemonstrasikan bagaimana gamer dapat mengakses pengaturan emulator di PlayStation Classic.

Dengan pengaturan ini, pemain dapat mengubah region konsol, cheats, dan masih banyak lagi.Berdasarkan video tersebut, yang perlu gamer lakukan untuk bisa masuk ke pengaturan emulator adalah dengan menggunakan keyboard USB.

Beberapa hacker juga sebelumnya mampu melihat source code di dalam konsol, dan menemukan ada 36 judul gim yang perusahaan uji untuk konsol tersebut.

Buruknya  Sistem Keamanan Playstation Classic

Para gamer menilai dengan mudahnya konsol ini diretas, jelas PlayStation Classic memiliki masalah besar dalam keamanannya alias betapa buruknya sistem keamanan dalam game konsol tersebut.

Menurut posting di media sosial, masalahnya berasal dari sistem enkripsi yang sangat lemah.

Playstation Classic
(Foto: Sony)

Diketahui, perusahaan asal Jepang itu menggunakan GnuPG  yang memungkinkan seseorang mengenkripsi dan mengubah data dan berkomunikasi, baik pada konsol dan secara tidak sengaja membiarkannya agar dapat diakses secara publik.

Karena ada “pintu terbuka” di dalam sistem, hal tersebut memungkinkan orang untuk mendekripsi data di konsol.

Comments