Lionel Messi Gagal mengeksusi tendangan penalti ke gawang Espanyol dalam laga leg pertama Copa del Rey

Sabigaju.com – Selalu ada yang pertama untuk segalanya. Pepatah ini sepertinya tepat menggambarkan kondisi yang baru dialami oleh klub raksasa asal Spanyol, Barcelona.

Yup, Barcelona bukan lagi tim yang tak terkalahkan di musim ini. Barcelona akhirnya harus merasakan kekalahan pertamanya musim ini saat bertandang ke markas Espanyol di RCDE Stadium, Kamis (18/1) dinihari WIB, dalam laga leg pertama perempatfinal Copa del Rey.

Pasukan asuhan Ernesto Valverde itu tak tertaklukkan di 29 laga berturut-turut sejak kekalahan di Madrid. Mereka memetik 23 kemenangan dan cuma enam kali berimbang.

Kemenangan ini sendiri adalah yang pertama kali didapat Espanyol atas Barcelona di seluruh ajang sejak Februari 2009 silam, alias hampir delapan tahun lalu.

Hasil ini boleh jadi amat spesial untuk mereka, karena kemenangan derby pertama setelah sekian lama menghentikan laju tak terkalahkan Barcelona.

Babak Pertama Barcelona Dominan

Barcelona yang Bertandang ke RCDE Stadium, tampil dominan. Barca mendapatkan kesempatan di menit kedua saat Lionel Messi dijatuhkan tak jauh dari kotak penalti dan berbuah pelanggaran. Eksekusinya tipis saja di atas gawang Espanyol.

Sergio Busquets melepaskan tembakan di menit ke-8, tapi masih mampu diamankan Diego Lopez. Messi melakukan tusukan pada menit ke-23 lewat tengah, namun tendangannya sedikit kurang sempurna sehingga bola mudah ditahan Lopez.

Di menit ke-25, Gerard Pique menyarangkan bola ke dalam gawang. Tapi wasit tak menghitungnya sebagai gol karena hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera tanda offside.

Disiplinnnya lini pertahanan Espanyol sepanjang babak pertama membuat El Barca kesulitan mencetak gol.

Jelang babak pertama berakhir, Barcelona melewatkan kesempatan. Denis Suarez mendapatkan bola di sisi kiri dan mengarahkan sepakan, namun cuma melambung.

Skor 0-0 pun mengakhiri babak pertama di Stadion RCDE.

Babak Kedua Espanyol Libas Barcelona

Di babak kedua, Ernesto Valverde memasukan Ivan Rakitic dan Luis Suarez untuk menambah dari daya gedor Barcelona. Peluang pun tercipta di menit ke-53. Sepakan voli Messi bisa dihalau oleh Lopez.

Barcelona mendapatkan penalti di menit ke-61, lantaran Sergi Roberto dijatuhkan Esteban Granero di kotak penalti. Tapi eksekusi penalti yang kemudian diambil oleh Lionel Messi gagal membuahkan gol setelah tendangan pemain asal Argentina ini terbaca dan berhasil ditepis Diego Lopez.

Espanyol mulai mengembangkan permainan dan beberapa kali mengancam gawang Jasper Cillesen pada menit ke-81. Espanyol mendapat peluang lewat sundulan David Lopez, namun bola masih mampu diamankan Jasper Cillessen. Dua menit kemudian, tendangan bebas Marco Navarro memaksa Cillessen melakukan penyelamatan bagus.

Espanyol ahirnya mencetak gol di menit ke-88. Navarro merangsek di sisi kanan dan mengoper ke Oscar Melendo, yang lantas menempatkan sepakan ke pojok kiri gawang.

Tim asuhan Ernesto Valverde pun berusaha untuk menyamakan kedudukan. Mereka mengurung Espanyol di sisa waktu pertandingan, tapi tak berhasil mencetak gol penyama kedudukan.

Barca pun harus mengakui keunggulan Espanyol dengan skor 1-0. Laga leg kedua antarakedua tim ini selanjutnya akan digelar di Camp Nou, Jumat (26/1) mendatang. (Sbg/Rig)

Comments