Banyak pikiran bikin orang sulit tidur
(Foto: Freepik,com)

Sabigaju.com – Belakangan ini, tak sedikit cowok-cowok yang dihantui banyak pikiran hingga sulit terlelap, padahal sudah lebih dari sejam berbaring di tempat tidur.

Terlalu banyak pikiran seakan menjadi penyakit orang modern lantaran terbebani oleh beragam persoalan, baik di rumah atau di tempat kerja.

Ada yang khawatir dengan bayang bayang PHK bahkan ditutupnya perusahaan tempat mereka bekerja. Sementara bagi sudah di PHK mugkin saja kini tengah bingumng mau melamar pekerjaan di mana?

Ada yang dihantui pikiran bagaimana membiayaihidup anak dan istri lantaran mengalami penurunan penghasilan . Dan cukup banyak cowok yang kini yang merasa hubungannya dengan kekasih terancam bubar.

Sebenarnya hal-hal tadi nggak perlu sampai membuatmu banyak pikiran. Soalnya selama kita terus berusaha maksimal dan berdoa, permasalahan apapun dapat kita hadapi .

Nah,  untuk mengatasi kesulitan tidur  lantaran banyak pikiran, ada beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA: Cowok Jomblo Sulit Tidur Ketimbang yang Punya Pasangan? 

1. Buat To-Do List

Rasa khawatir akibat banyak pikiran akan membuat seseorang terjaga. Tidak hanya cemas pada sesuatu yang negatif, bahkan hal yang kita rencanakan seperti perjalanan atau acara besar dengan banyak hal yang harus kamu ingat.

Untuk melegakan pikiran, ambil buku catatan dan tulis apa saja yang harus kamu ingat atau kerjakan pada hari berikutnya.

Studi terbaru menemukan bahwa membuat daftar pekerjaan (to-do list) bisa membuat orang tertidur sembilan menit lebih cepat dibandingkan menuliskan hal-hal yang sudah dilakukan.

Semakin detail hal yang ditulis maka kamu akan semakin cepat terlelap. Dengan menuliskannya, setidaknya bisa menghilangkan beban tersebut dari kepala, meski hanya sementara.

2. Jangan ke Tempat Tidur Jika Belum Mengantuk

Menurut Dr Cormac O’Donovan, dari Associate Professro of Neurology di West Forest Baptist Medical Center, tetap berada di tempat tidur dan mencoba tidur adalah ide buruk saat insomnia menyerang.

Kondisi ini akan melatih otak untuk mengaitkan tempat tidur dan kamar tidur dengan insomnia dan kecemasan lainnya. Jika kamu masih juga belum tertidur setelah 20 hingga 30 menit berbaring, beranjaklah dari kasur dan lakukan hal lain.

BACA JUGA: Tren Podcast Bakal Bersinar di Tahun 2020 Ini?

3. Dengarin Podcast

Audiobook atau podcast bisa membantu menghilangkan kekhawatiran lantaran banyak pikiran. Hal ini juga bisa menjadi alternatif selain membaca jika kamu malas menyalakan lampu.

Sama seperti buku, temukan audiobook yang tidak terlalu menarik atau membuat berat (seperti debat politik kasus pembunuhan dan lainnya).

Jika kamu tidak ingin langsung tertidur, sebaiknya dengarkan di tempat lain selain tempat tidur

BACA JUGA: Lagu Ajaib Buat Pengantar Tidur Nyenyak, Dengerin Deh

4. Mendengarkan Suara yang Menenangkan

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi suara-suara yang menenangkan untuk didengarkan lewat ponsel  agar menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk tidu lebih cepat daan nyenyak, serta memicu ingatan tentang waktu-waktu yang bisa membantu relaksasi.

So, gaes jangan biarkan kondisi banyak pikiran membuatmu susah tidur. sebab hal itu bisa membuatmu kelelahan di pagi hari dan berpengaruh pada tingkat produktivitaa.. Dan jika  berlarut-larut, bisa membahayakan kesehatan. (Sbg/Rig)

Comments