Kumpul Bersama
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Akhir pekan adalah waktu paling pas untuk meluangkan waktu untuk kumpul bersama sahabat tercinta. Apalagi semakin bertambah usia, maka semakin sulit juga untuk berkumpul dengan sahabat sejati.

Kesibukan pekerjaan, urusan keluarga, melakukan hobi sering menjadi alasan bagi kita untuk kumpul bersama Sahabat.

Padahal, kumpul bersama sahabat adalah salah satu cara untuk membangun hubungan yang berkualitas yang membuat kamu lebih senang dan rileks.

BACA JUGA: Mengapa Persahabatan Brotherhood Sangat Penting untuk Para Pria

Meningkatkan Harapan Hidup

Kumpul bersama sahabat adalah upaya membangun ikatan sosial yang kuat. Hal ini bisa meningkatkan harapan hidup.

Dalam Penelitian yang dilakukan William J. Chopik terungkap bahwa memiliki hubungan persahabatan punya pengaruh besar terhadap kesehatan jangka panjang.

Hubungan ini menguatkan kesehatan, tidak hanya secara fisik namun juga terhadap mental.

Persahabatan Mengajarkan Kejujuran

Menurut pandangan Miriam Kirmayer, seorang terapis spesialis hubungan pertemanan dari Universitas McGill menyatakan bahwa dalam hubungan persahabatan yang baik, kualitas harus diatas kuantitas.

Pertemanan tidak dihitung seberapa banyak orang yang datang ke pesta ulang tahun seseorang. Pertemanan yang baik dilihat dari seberapa mampu untuk saling terbuka dan seberapa besar kesediaan untuk merespons secara emosional.

Nah, di sini, kejujuran merupakan hal yang penting dalam menjaga kualitas pertemanan. “Kejujuran adalah pembangun hubungan, dan sarana untuk koneksi dan kenyamanan” tulis Kirmayer.

BACA JUGA: 5 Perkara yang Bisa Rusak Persahabatan Cowok

Persahabatan Kunci Kesehatan yang Baik

Dalam buku berjudul Friendship: the Evolution, Biology, and Extraordinary Power of Life’s Fundamental Bond  yang ditulis oleh jurnalis sains Lydia Denwort disebutkan bahwa persahabatan dapat memengaruhi kesehatan seseorang.

Denworth mengklaim, persahabatan yang kuat dapat membantu menurunkan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan bahkan membantu kesehatan mental.

“Persahabatan yang kuat sangat bagus untuk sisi biologis kita. Hal itu bisa mengatasi tekanan dari kehidupan sehari-hari, dan itu berarti kau ada di sana untukku, dan aku di sana untukmu, ketika kita saling membutuhkan,” jelasnya.

BACA JUGA: Etika yang Dijunjung Saat Bertamu Ke Rumah Sohibmu

Membantu Kita Disaat Banyak Masalah

Pandangan  lain tentang manfaat  kumpul bersama sahabat juga datang dari Amir Levine, seorang psikiater sekaligus penulis “Attached: The New Science of Adult Attachment and How It Can Help You Find and Keep Love

Dia mengatakan hubungan persahabatan memiliki dampak yang cukup besar bagi kondisi emosional individu secara umum.

“Koneksi sosial adalah cara paling ampuh bagi kita untuk mengatur tekanan emosi kita,” kata Levine.

“Jika kamu tengah berada  dalam kesulitan,  maka kumpul bersama sahabat adalah cara paling efektif untuk menenangkan diri” paparnya.

Memiliki hubungan persahabatan adalah hal yang dibutuhkan oleh manusia. So, luangkan waktumu untuk kumpul bersama  sahabat. (Sbg/Rig)

Comments