Banyak orang yang banting setir di masa pandemi.
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – belakangan ini ramai perbincaangan soal banting setir alias alih profesi yang dilakukan oleh sejumlah selebriti dan public figur di masa pandemi ini.

Mulai dari sejumlah artis yang mulai berjualan makanan, membuka usaha laundry hingga sejumlah orang yang semula punya profesi bergengsi seperti pilot yang beralih menjadi pengemudi ojek oline.

Ada banyak orang yang merasa miris mendengar kabar kalau upaya banting setir yang dilakukan sejumlah pesohor tersebut.  Namun jika di kaji lebih dalam kita seharusnya salut kepada mereka yang berani alih profesi.

Mereka menunjukan kepada kita bahwa upaya dan berani lelah lebih baik ketimbang berserah ataupun hidup pasrah menjalani kondisi ekonomi yang makin parah akibat terdampak pandemi.

Fenomena banting setir ini membuka mata kita bahwa ganti profesi  bukanlah pantangan. Karena Bertahan hidup saat pandemi adalah sesuatu yang harus dilakukan.

BACA JUGA: Jika Resesi Terjadi, Bertahan atau Buka Bisnis Baru?

Bakal Jadi Budaya Baru

Banting Setir menunjukan bahwa Kita sebagai manusia harus berubah kala kesulitan hidup kita alami di saat pandemi ini.

Alih profesi juga ini baik dilakukan demi menjaga kewarasan hidup di tengah pandemi covid 19 ini agar tak gelap mata menghalalkan segala cara.

Dan sepertinya di hari-hari ke depan alih profesi  akan semakin lumrah terjadi. Sebab, di hari-hari mendatang kita masih diliputi oleh banyak kecemasan, kegelisahan terlebih obat ataupun vaksin corona belum juga ditemukan.

Nah, ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat buat kamu yang kini tengh menimbng untuk banting setir d masa pandemi ini

1. Memulai dari Awal

Banyak orang merasa takut untuk banting setir lantaran keraap dihantui pemikiran kuno kalau berganti profesi, berarti memulai kembali segalanya dari awal.

Kalau kamu harus banting setir, maka jangan ragu untuk memulai kembali dari awal. Pengalamanmu yang sudah didapat selama bertahun-tahun dari profesi kerja sebelumnya bisa jadi nilai tambah tersendiri.

BACA JUGA: Tak Perlu Meratap Saat di PHK Ketika Pandemi Corona 

2. Ajang Buka Diri

Banting setir saat pantemi ke bidang yang sama sekali baru, adalah ajang baru untuk belajar. Buka diri seluas-luasnya untuk menerima dan mempelajari ilmu baru di bidang profesi yang baru tersebut.

Kamu malah punya kesempatan membuka diri seluas-luasnya. Hal ini juga bisa menjadi jalan bagimu meraih prestasi. Pandemi bukanlah waktu bagi kamu untuk bermalas-malasan mempelajari hal baru dan hanya berfokus pada apa yang sudah kamu kuasai.

BACA JUGA: Berbagai Peluang Datangkan Cuan di Tengah Pandemi Corona

3. Siapkan Masa Transisi

Saat akan banting setir, akan ada masa transisi di mana kamu keluar dari comfort zone di pekerjaan lama, untuk masuk ke dunia di bidang pekerjaan yang baru.

Dan perlu kamu ingat masa transisi ini bukan masa yang mudah. Malah sebaliknya. Karena itulah mengapa, masa transisi ini menjadi sebuah hal yang penting sekali untuk dipertimbangkan dan juga dipersiapkan sebaik-baiknya.

So, siapkan dirimu gaes, banting setir memang tak mudah, namun bukan berarti tak bisa dilakukan. Abaikan rasa malu dan gengsi, bertahan hidup di tengah pandemi ini lebih penting dari hal itu. (Sbg/Rig)

Comments