Balikan sama mantan
Seperti kisah yang belum selesai, balikan sama mantan masih jadi momok bagi para pria, antara gengsi, takut menyesal, tapi masih cinta. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Fenomena balikan sama mantan masih jadi momok bagi para pria, antara gengsi, takut menyesal, tapi masih cinta.

Kayak ada cerita yang belum selesai aja gitu (duile!). Sampai sekarang, masih berpikir, apakah balikan sama mantan termasuk ide baik atau sebaliknya?

Tapi kamu lihat deh, banyak banget pasangan yang sukses dengan hubungannya bersama mantan.

Bahkan beberapa dari mereka ada yang lanjut ke jenjang pernikahan dan bahagia bersama keluarganya kecilnya.

BACA JUGA: Putus Nyambung Buruk bagi Kesehatan Mental, Kenapa? 

So, The Answer is: it depends on you!

Menurut Hillary McBride, seorang psikoterapis dan researcher, jawabannya tidak semudah “ide buruk” atau “ide baik”. Balikan sama mantan lumayan bikin rumit juga untuk sebuah hubungan.

McBride sendiri sering menanyakan hal ini pada pasiennya.

  1. Siapa dan bagaimana mantan kamu?
  2. Kenapa kalian putus?
  3. Sudahkah menyelesaikan masalah yang membuat kalian putus
  4. Apakah kalian sudah mempelajari kesalahan kalian yang dulu dan merasa berbeda jika harus balikan?
  5. Apakah kamu merasa kesepian hingga harus balikan sama dia?
  6. Apa ini karena kamu merasa sulit menemukan yang baru?
  7. Apakah kamu sudah paham bagaimana mengatasi kesedihan karena berakhirnya suatu hubungan?

Nah, jika kamu berhasil menjawab pertanyaan di atas dengan baik dan dengan mindset yang sehat, maka kamu bisa melakukan ini.

BACA JUGA: Nih! Deretan Orang yang Pantang Kamu Ajak Berkencan 

Awali dengan Komunikasi

Coba tanyakan pada rekan terdekat kamu apakah kamu sudah berubah menjadi lebih bijak ketika nantinya akan menghadapi masalah yang sama?

Komunikasikan juga dengan mantan kamu yang bakal kamu ajak balikan. Apa yang sudah menyebabkan kalian gagal sebelumnya? Mampukah kalian menyelesaikannya di depan nanti?

Ingat bahwa ketika kamu balikan sama mantan nanti, kamu bisa saja akan stuck pada pola yang sama dan biasanya itu menjadi tak sehat untuk hubungan kalian.

Jadi kuatkan intensi kamu, jadilah bijak. Jangan lagi mengedepankan emosi kamu. Misal kalimat, aku takut kamu bakal nyakitin aku lagi dengan aku takut dengan apa yang akan terjadi nanti.

BACA JUGA: 

Lima Hal yang Membuat Pria Takut Berkomitmen, Begini Cara Mengatasinya

Dengarkan Orang-orang

Ini penting di saat kamu sedang dibutakan oleh perasaan. Minta pendapat mereka apakah balikan dengan mantan suatu hal yang oke?

Mereka pasti akan melihat jika kamu benar-benar bahagia, kenapa enggak?

Timing

Balikan sama mantan mungkin saja karena timing yang menentukan. Mungkin kalian dulu adalah pasangan muda yang selalu mengedepankan ego masing-masing.

BACA JUGA: Tiba-tiba Ditaksir Cewek, Jangan-jangan Cuma Cinta Pelarian, Cek Yuk! 

Berbeda dengan sekarang yang di mana kalian adalah manusia dewasa yang bisa lebih bijak menyikapi masalah. Who knows?

Balikan Sama mantan itu enggak apa-apa sih. Jalan kalian sedikit memutar, yang penting hubungan ini nantinya akan lebih baik, apalagi jika akan dibawa ke jenjang yang lebih serius. Be a wiser lover, guys! (Sbg/Dinda)

Comments