Beranda SABIGAJU+ Kembali pada Mantan atau Memulai Hubungan Baru ?

Kembali pada Mantan atau Memulai Hubungan Baru ?

4 menit baca
0
0
16
mantan
Source : http://10habitsoflove.com/

Sabigaju.com – Dengan menjalani cinta, artinya kamu memberanikan diri untuk menuju ke ranah kedewasaan agar dapat menjadi seorang manusia yang seutuhnya. Pada dasarnya sudah menjadi naluri dan free will setiap manusia untuk mencari pasangan hidup berdasarkan perasaan cinta.

Namun seringnya dilema pilihan antara kembali pada mantan atau mencari pacar baru, adalah isu yang kompleks dan perlu diperhatikan dengan seksama.

Penelitian Tentang Cara Tepat Memilih Pasangan

Menurut seorang psikolog klinis dewasa Liza Marielly Djaprie, Msi, Psi, SC mengatakan kalau kamu menghadapi kebimbangan antara mencari pacar baru atau kembali kepada mantan, akan lebih baik kalau kamu meminta waktu untuk berpikir dan introspeksi serta meyakinkan diri mengenai perasaan kamu sendiri.

Ditambahkan oleh sang psikolog, bahwa pasangan yang ideal adalah pasangan yang dapat saling melengkapi. Atau seorang pasangan yang dapat membuat kamu berkembang menjadi lebih baik dalam sisi karier, kesehatan atau kepribadian.

Ada juga penelitian dari Queens College New York mengenai respon orang-orang yang memulai hubungan baru setelah putus cinta. Dari 200 responden kuantitatif yang diteliti (single dan non-single) mereka yang cepat memiliki kekasih setelah putus hidupnya ternyata jauh lebih bahagia dibanding dengan mereka yang masih single.

Di penelitian ini terungkap bahwa dengan mencari pelarian setelah putus cinta tidak sepenuhnya buruk. Banyak orang yang menilai bahwa pelarian adalah hanya untuk balas dendam. Akan tetapi peneliti tidak selalu melihat kecenderungan seperti itu.

Sebagaimana dikutip Glamour, memiliki kekasih akan memberikan banyak benefit bagi diri kamu.

Memilih yang Terbaik

Akan tetapi when it comes to choosing tentu hal tersebut merupakan kondisi ideal yang perlu dilihat secara case by case sesuai kebutuhan individu tersebut. Intinya, kalau ingin memilih yang terbaik kamu harus pergunakan indikator “membuat kamu berkembang” dan jangan pernah membohongi perasaan kamu.

Kalau kedua elemen tersebut sudah terpenuhi maka kamu akan sudah bisa mengambil keputusan yang terbaik. Manusia pun berubah dan yang calon pasangan pada hubungan baru belum tentu lebih baik. Karena setiap manusia punya kualitas mereka masing-masing termasuk kekurangan.

Namun untuk memilih yang terbaik, harus dilihat dari bagaimana tingkat kedewasaan dan tingkat penerimaan (acceptance) dia terhadap segala kekurangan kamu.

Dan dia juga harus bisa membawa potensi yang terbaik dari diri kamu. Orang tersebut bisa jadi dia adalah mantan kamu atau justru dari hubungan baru. Jadi, pilih yang mana nih, sob? (Sbg/Ary)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak aryoi
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

Pasangan Zodiak Paling Serasi (Part IV)

Sabigaju.com – Bagi kamu yang sudah mengikuti Pasangan Zodiak Paling Serasi Part I, …