Mengonsumsi Kopi
Terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat berdampak tidak baik pada kesehatan.(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Banyak pria beranggapan untuk memulai sebuah hari yang sempurna jika belum mengonsumsi kopi. Kenikmatan minum kopi nampaknya menjadi alasan utama orang untuk meneruskan kebiasaan ini.

Tidak hanya sebagai penghilang rasa kantuk, mengonsumsi kopi juga telah masuk dalam gaya hidup masyarakat saat ini.  Mulai dari nongkrong, meeting, hingga sekadar bersantai kopi selalu menjadi teman setia.

Kandungan kafein yang terkandung dalam kopi memang dapat diandalkan untuk memacu fokus dan membangkitkan energi.

Namun ternyata, terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat berdampak tidak baik pada kesehatan.

Lantas berapa sih batas ambang kopi yang aman untuk kita konsumsi setiap harinya?

BACA JUGA: Kebiasaan Minum Kopi Pakai Es Sehat Apa Enggak Sih?

Jangan Terlalu Banyak

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengonsumsi enam atau lebih cangkir kopi per hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Riset dilakukan oleh peneliti dari University of South Australia dengan menganalisis data kesehatan dan pola diet dari 347.077 peserta berusia 37 hingga 73 tahun.

Peneliti juga menganalisis varian gen tertentu pada peserta riset, yang disebut CYP1A2. Varian gen tersebut memungkinkan orang untuk memetabolisme kafein lebih cepat daripada mereka yang tak memilikinya.

BACA JUGA: Ternyata Jenis Kopi Favorit Bisa Ungkap Kepribadianmu!

Peneliti juga menyimpulkan korelasi antara konsumsi kopi dan risiko penyakit kardiovaskular tidak tergantung pada susunan genetik.

Dengan kata lain, risiko ini juga berlaku pada orang yang memiliki variasi gen CYP1A2.

BACA JUGA: Rahasia Cara Minum Kopi yang Tepat

Bikin Gelisah Hingga Mual

Terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat menyebabkan masalah jantung karena konsumsi kafein terlalu tinggi menyebabkan hipertensi.

Menurut salah satu peneliti Elina Hypponen, kebanyakan kafein akan membuat kita merasa gelisah, emosional atau bahkan mual.

“Itu karena kafein membantu tubuh Anda bekerja lebih cepat dan lebih keras. Namun, efek samping tersebut bisa saja terjadi karena kita terlalu banyak mengonsumsinya,” tambahnya.

BACA JUGA: Rekomendasi Kedai Kopi Jadul di Ibukota 

Sebelumnya, ada penelitian yang membuktikan kopi sebagai minuman kaya antioksidan dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Namun, manfaat itu bisa kita dapatkan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa tambahan gula atau pun produk susu.

Ok, terlalu banyak mengonsumsi apapun memang tidak baik termasuk untuk urusan mengonsumsi kopi. (Sbg/Rig)

Comments