bahan makanan
Source : https://socialnewsdaily.com/

Sabigaju.com – Saat ini terdapat banyak sekali cara untuk mengolah bahan makanan, sesuai dengan selera dan kebutuhan kesehatan masing-masing orang. Tapi apakah kamu sudah mengetahui kalau ternyata ada beberapa jenis makanan tertentu yang  mempunyai efek  tidak menyehatkan bahkan menjadi racun bagi tubuh kita.

 

Kira-kira makanan apa dan diolah bagaimana sih yang bisa membawa dampak tidak baik bagi tubuh?

Bahan Makanan yang Menjadi Racun Jika Salah Olah

Berikut kami berikan beberapa list makanan yang patut kalian perhatikan apabila ingin mengolah ulang atau memanaskannya:

1. Telur

ilustrasi pixabay

Seperti diketahui bahwa telur adalah makanan yang mengandung protein tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Namun, telur ternyata juga bisa menjadi makanan berbahaya juga apabila harus dipanaskan kembali.

Pada saat telur dipanaskan apalagi dalam suhu yang tinggi kandungan protein di dalam telur malah menjadi rusak. Parahnya, kerusakan tersebut justru dapat mengubah nutrisi kandungan telur  menjadi racun dan merusak sistem pencernaan.

2. Ayam

Source : https://resepolahan.wordpress.com

Ayam adalah salah satu menu favorit bagi masyarakat di indonesia. Makanan ayam bisa diolah jadi beberapa varian seperti opor ayam atau ayam goreng. Kedua makanan tersebut adalah beberapa menu makanan yang rajin dipanaskan kembali.

Bahwa dengan memanaskan atau hanya menghangatkan ayam ternyata akan membuat komposisi protein di dalamnya berubah. Saat itu terjadi, sama seperti halnya telur, protein yang rusak bisa menjadi racun dan menyebabkan gangguan pencernaan

3. Jamur

ilustrasi pixabay

Jamur adalah makanan yang biasa disajikan sebagai appetizer atau additional pada main course. Kandungan nutrisi pada jamur berkhasiat sebagai makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sumber antioksidan, pengontrol berat badan dan membantu mencegah kanker. Sangat banyak manfaat kandungannya.

Akan tetapi apabila salah dalam mengolah jamur seperti dihangatkan ternyata bisa membuat kandungan protein dan gizi dalam jamur berubah menjadi racun. Pada beberapa kasus, mengkonsumsi jamur yang dipanaskan ternyata juga bisa berpotensi membahayakan jantung.

racun
Source : https://www.mnn.com

Ketiga makanan yang disebutkan di atas didukung oleh hasil penelitian dari Dian Sundari dan Almasyhuri dari Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan dan Astuti Lamid dari Pusat Teknologi Terapan Kesehatan DNA Epidemiologi Klinik.

Penelitian ini menyebutkan bahwa pemanasan akan membuat protein bahan terdenaturasi sehingga kemampuan mengikat airnya menurun.

4. Seledri

Source : https://7alami.blogspot.com

Daun seledri adalah daun yang biasa dipakai untuk makanan berkuah sebagai bumbu alami untuk mempertajam rasa makanan.

Daun seledri ini biasanya dipakai untuk makan bakso, sop kambing, atau makanan kuah lainnya. Pada dasarnya daun seledri mengandung banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, vitamin C, K dan E yang baik untuk sistem imun manusia, melancarkan aliran darah, hambat penuaan dan mencegah berbagai penyakit.

Akan tetapi sayur yang menyehatkan tersebut apabila dipanaskan berulang kali bisa berubah menjadi proses oksidasi. Yang mana proses oksidasi tersebut bisa menghasilkan output buruk menjadi racun untuk tubuh akibat pemanasan.

Hal ini didasari oleh penelitian yang dilakukan oleh The European Food International Council (Eufic.Org) dimana jika dipanaskan kandungan nitrat dalam seledri bisa berubah jadi nitrit dan bersifat karsinogen yang bisa memicu kanker.

5. Kentang

ilustrasi pixabay

Pada bahan baku kentang terdapat zat-zat baik seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati, kalsium serta mineral – mineral penting lainnya. Hal ini membuat kentang menjadi salah makanan yang direferensikan sebagai menu makanan sehari-hari. Termasuk kandungan kentang yang memiliki zat besi, karbohidrat dan tembaga yang sangat baik untuk nutrisi otak.

Badan Pengawas Makanan Nasional Swedia dan ilmuwan dari Universitas Stockholm pada tahun 2002 menemukan bahwa selama proses pengolahan makanan dan berbagai bahan makanan akibat pemanasan pada suhu tinggi pada makanan dengan kandungan karbohidrat akan membentuk akrilamida.

Akrilamilda adalah senyawa organik yang berpotensi bahaya bagi kesehatan untuk sebagai penyebab kanker.

Pastikan kalian bisa mencegah kemungkinan salah olah makanan kesukaan kamu yah, sob. (Sbg/Ary)

Comments