Bagi-bagi Uang
Kebiasaan bagi-bagi uang masih banyak dilakukan orang saat Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Pixabay)(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Salah satu hal yang membuat perayaan Idul Fitri aka Lebaran begitu ditunggu oleh kita-kita adalah bagi-bagi uang alias pemberian uang ataupun salam tempel.

Siapa sih yang tidak senang  kalau diberikan uang? Namun pertanyaannya sekarang, apakah memang sebuah keharusan bagi kita untuk bagi-bagi uang sebagai tradisi Idul Fitri setiap tahunnya?

Sebuah Tradisi yang Wajar?

Hingga detik ini, tidak ada yang sumber yang jelas dan tertulis serta wajib hukumnya perihal  bagi-bagi uang  saat Idul Fitri. Namun demikian hal ini seakan sebuah keharusan yang dilakukan

Namun, bila kamu masih ingin bagi-bagi uang, perlu dicatat tujuan memberikan uang lebaran bukan untuk riya melainkan tulus sedekah.

Enggak Harus Enggak Mesti

Kritik terhadap aktifitas bagi-bagi uang saat Idul Fitri sepertinya lantaran kegiatan tersebut ditakutkan bakal berdampak  pada kebiasakan anak untuk meminta uang dari mana-mana, bukan diajari untuk mengenal Hari Lebaran sebagai hari yang penuh dengan momen silaturahmi.

Bukan momen pertemuan dengan kerabat yang mereka tunggu-tunggu, tapi isi dompet kerabatnya yang mereka tunggu-tunggu.

Di sisi lain, di kalangan para dewasa belum tentu ketika lebaran mereka dalam kondisi keuangan yang bagus. Dalam arti belum tentu punya uang untuk membagi-bagikan uang kepada anak-anak selain anak-anaknya sendiri.

Tapi, bila tidak melakukannya maka akan merasa malu lantaran dilabeli orang yang pelit.

Disinilah kita harus bersikap. Sebab, sungguh tidak ada gunanya berpura-pura kaya dan berusaha tetap melakukan bagi-bagi uang.

Memaksakan diri di luar kemampuan sama saja menjerumuskan diri sendiri ke dalam lubang yang dalam. Apalagi jika uang yang dibagikan adalah hasil berhutang atau terpaksa menjual sesuatu yang berharga.

Tradisi Baru Lebaran,  Tidak Perlu Bagi-Bagi Uang

Mari ajari anak-anak kita sebuah tradisi baru bahwa uang bukanlah kebahagiaan hakiki di Hari Idul Fitri.

Karena di dunia ini ada hal-hal yang sangat berharga, yang tak ternilai harganya dan tak bisa dibeli dengan berapa banyak uang yang kita punya.

Uang hanya bisa membeli kesenangan, bukan kebahagiaan. Dan kesenangan sifatnya hanya sesaat aja, yang kemudian berganti kehampaan.

Karena di dunia ini ada hal-hal yang sangat berharga, yang tak ternilai harganya dan tak bisa dibeli dengan berapa banyak uang yang kita punya.

Uang hanya bisa membeli kesenangan, bukan kebahagiaan. Dan kesenangan sifatnya hanya sesaat aja, yang kemudian berganti kehampaan.  Yuk ah hentikan kebiasaan bagi-bagi uang sekarang. (Sbg/Mrv))

Comments