Sabigaju.com – Baby blues atau sindrom depresi ringan pasca melahirkan adalah hal normal yang dirasakan oleh para ibu di berbagai belahan dunia. Ini biasanya terjadi karena faktor lingkungan ataupun hormon yang tidak seimbang usai melahirkan.

Namun nyatanya, baby blues tak hanya dialami oleh para ibu, loh! Si Sulung atau Sang Kakak nyatanya juga bisa mengalaminya. Sindrom ini dinamakan big-sibling blues!

Untuk anak usia di bawah dua tahun

Untuk mereka yang berusia dua tahun, merasa iri karena kehadiran sang adik adalah hal yang normal. Mereka baru hidup di dunia ini selama dua tahun, artinya sedang sangat menikmati kasih sayang orangtuanya. Tiba-tiba saja, kasih sayang tersebut harus terbagi dua dengan hadirnya sang adik. Tentu saja berbagai kejadian seperti rasa iri yang berakhir tantrum bisa terjadi.

Yang harus kamu lakukan ketika ini terjadi pada anak pertama kamu adalah, kamu harus tetap tenang. Hindari untuk bernegosiasi dengan mereka. Jika ada waktu dengan mereka walau hanya 10 menit, gunakanlah. Kemudian, jangan lupa tersenyum ketika mereka datang menghampiri kamu saat bersama adiknya.

Jika kamu sedang sibuk dengan si newborn sedang kakaknya merengek minta diperhatikan, kamu bisa mengatakan: “kamu mungkin sedih karena tidak bisa Ibu gendong, tapi Ibu juga sedih. Ayo kita bermain bertiga di sini. Kalau Ibu sudah selesai, Ibu akan gendong kamu.”

Untuk anak usia 2-4 tahun

Pada anak usia ini, biasanya mereka akan menunjukkan rasa irinya dengan bertingkah sama seperti bayi. Misalnya saja tiba-tiba ingin ikut tidur dengan Ibu atau Ayahnya. Nah, jika sudah demikian, kamu harus bisa menanganinya.

Misalnya dengan mengatakan sesuatu yang menyentuh emosinya, seperti: “Sepertinya kakak ingin jadi bayi lagi yaaa…”

Kalimat seperti ini terasa memanjakan sekaligus bisa merangsang rasa malunya karena tertangkap sedang mencuri perhatian dari sang adik. Kamu bisa minta suami ikut serta dalam mengasuh si Kakak. Misalnya saja dengan memintanya menemani anak ketika hendak mau tidur.

Untuk anak usia 4-6 tahun

Pada usia ini anak biasanya akan lebih mudah paham dan bisa menerima kehadiran sang Adik. Kamu bisa menjauhkan mainan si Kakak agar tak diambil oleh adiknya. Bicarakan dengan bijak kepada anak sulung dan kesempatan mereka untuk mengerti akan terbuka lebar.

Cobalah untuk mengajaknya menghabiskan waktu berdua sesekali. Misalnya pergi ke minimarket dan berbelanja berdua. Jika mereka mulai menunjukkan sikap iri, kamu bisa mengatakan: “Ibu tahu ini sulit, ayo kita mencoba untuk lebih tenang bersama-sama”.

Untuk anak usia 7-8 tahun

Anak usia ini baisanya akan menunjukkan rasa irinya dengan cara berbricara langsung. Namun jika rasa irinya berlebihan, anak akan membangkang dengan orangtua atau bahkan akan mengabaikan adiknya.

Nah, yang perlu kamu lakukan adalah berbicara dari hati ke hati dengannya. Cobalah untuk menghampirinya ketika hendak tidur. Berbicaralah dengan sedikit candaan hangat bersamanya.

Itu dia uraian tentang baby blues yang dialami si Sulung alias big-sibling blues. Jika ini sedang terjadi pada keluargamu, segera terapkan cara di atas ya. (sbg/Dinda)

Comments