Sabigaju.com – Mencontek rupanya masih ditemui di era digital saat ini. Karena itu para guru atau pengawas, juga punya resep jitu untuk mengatasinya. Padahal tahu nggak sih, mencontek nggak akan buat kamu jadi pintar lho. Mudah ditebak, pasti banyak orang yang beranggapan, tukang contek adalah orang yang pemalas.

Berbagai cara dilakukan pelajar untuk bisa menghasilkan nilai terbaik, ya salah satunya adalah mencontek. Harus diketahui, mencontek itu butuh adrenalin yang tinggi. Taruhannya jika ketahuan, hukuman pun menanti. Nah, berikut cara mencontek yang banyak dilakukan oleh orang yang dihimpun oleh tim Sabigaju.

1. Kertas kecil
Dengan kertas kecil yang bisa disimpan di saku atau tempat strategis di tubuh membuat pelaku pecontekan merasa percaya diri. Namun butuh tantangan jika harus membuka contekan tersebut. Tulisan pun harus didisain sedemikian rupa agar terbaca, mengingat ruang penulisan yang kecil.

2. Kode rahasia di meja
Sebelum ujian berlangsung, biasanya pelaku sudah menulis beberapa kode rahasia di atas meja dengan ukuran kecil. Kode itu hanya pelaku yang mengetahuinya. Biasanya yang ditulis adalah rumus atau singkatan untuk mengingat pembahasan yang akan diujikan. Nah, pengawas atau guru biasanya juga lebih pintar. Kadang saat hari ujian, peserta ujian ditukar tempat duduknya.

3. Buku pelajaran di kolong meja
Ini merupakan aktivitas mencontek yang paling berani. Sebab bukan lagi catatan kecil yang disimpan di tempat tersembunyi, melainkan buku pelajaran dari yang diujikan. Adrenalin pelaku juga harus tinggi, karena tingkat kegagalannya sangat tinggi. Berani coba?

4. Pura-pura menengok kanan kiri
Biasanya ini dilakukan untuk soal-soal ujian jenis pilihan ganda. Risikonya, belum tentu jawaban teman kamu itu benar. Siapa tahu justru yang kamu pilih itu yang paling benar. Jika sudah begitu, pasti umpatan yang terjadi, kenapa mengganti jawaban atau terpengaruh dengan jawaban teman kamu.

5. Modus ke kamar kecil
Ini juga gaya mencontek yang suka dilakukan para pelajar. Tingkat ketahuannya pun tidak terlalu tinggi karena dilakukan di luar lokasi ujian. Lagipula kalau pengawas curiga dan menunggu kamu di depan pintu kamar mandi, ya sudah itu nasib. Kan emang benar mau ke kamar mandi.

6. Teknologi
Gadget juga kerap dijadikan media mencontek lho saat ini. Caranya sama dengan kertas kecil. Namun dalam hal ini pengawas juga lebih pintar. Dilarang menyalakan telepon genggam saat ujian berlangsung.

Dari cara mencontek tersebut, mana yang pernah kamu lakukan? Tulis pengalaman kamu di kolom komentar ya. (Sbg/nia)

Comments