Sabigaju.com – Hai sobat! Kamu saat ini sudah bekerja beberapa tahun di perusahaan tempat kamu bekerja? Saatnya melakukan review atas kinerja kamu selama ini, nih! Terpikir untuk minta kenaikan gaji? Bisa banget!

Kalau kamu merasa kinerjamu cukup oke dan telah memberikan kontribusi besar bagi perusahaan, ada baiknya kamu mulai membuat arsip atas pencapaian-pencapaianmu, dan memberanikan diri untuk mempresentasikannya kepada atasan.

Siapa tahu nih, kamu bisa mendapatkan kenaikan gaji setelah atasanmu melihat bahwa kontribusimu kepada perusahaan sudah cukup besar. Sebelumnya, simak dulu ulasan Sabigaju tentang cara meminta kenaikan gaji, yuk!

1. Ketahuilah Bagaimana Sistem Kenaikan Gaji di Kantormu

Pada beberapa perusahaan biasanya kenaikan gaji dinilai dan dilakukan per satu tahun sekali berdasarkan masa kerja pegawai.

Meskipun, ada juga perusahaan yang memberikan kenaikan gaji seorang pegawai berdasarkan keuntungan nett perusahaan per tahun atau dari prestasi pegawai di perusahaan bersangkutan.

Intinya, ada baiknya kamu coba survey prosentase tingkat kenaikan gaji dan memperhatikan alur, pola, dan sistem yang dianut oleh perusahaan tempatmu bekerja agar kamu bisa mengetahui medan dan tidak salah langkah.

2. Perhatikan Mood dan Moment Atasan

Kalau kamu sudah mempelajari sistem perusahaan tempatmu bekerja, kamu bisa mulai mempelajari bahasa tubuh (gesture) dari atasan sebelum mengajukan kenaikan gaji.

Memperhatikan raut wajah mukadan mood atasan terlebih dahulu, merupakan langkah yang bijaksana. Kalau kamu maju kepada atasan kamu dengan kondisi muka atasan sedang kusut, tentu hal itu akan mengurangi probabilita kesuksesan.

Mintalah waktunya untuk berdiskusi tentang kemungkinan ini ketika atasan sedang banyak bercanda sehingga kemungkinan untuk sukses dalam misi naik gaji ini menjadi lebih besar.

3. Perhatikan kondisi Perusahaan

Meminta kenaikan gaji pada saat kondisi perusahaan sulit tentu merupakan suatu hal yang sangat tidak disarankan.

Apalagi ketika kamu mengetahui jika perusahaan tempat kamu bekerja sedang mengalami kerugian yang cukup besar, stagnansi dalam bisnis, atau pengurangan karyawan dalam angka yang cukup fantastis.

4. Diskusi di Tempat yang Menyenangkan

Kalau dimungkinkan coba ajak atasan kamu untuk melakukan diskusi tatap muka pada suatu tempat yang menyenangkan, santai, privat dan tidak terlalu berisik.

Mungkin dengan ditemani segelas kopi, bisa membantu tingkat probabilitas keberhasilan negosiasi gaji yang akan dilakukan.

5. Ketahuilah Prinsip Menerima dan Memberi

Memang sudah menjadi hak setiap pegawai untuk meminta kenaikan gaji. Akan tetapi, kamu juga harus tahu dulu beberapa point penting sebelum meminta.

Bahwa ketika kamu meminta sesuatu, artinya kamu juga harus mengetahui kamu sudah memberi apa kepada perusahaan kamu.

Jadi sekali lagi, pastikan kamu membawa arsip pencapaian yang telah kamu lakukan demi perkembangan perusahaan.

Kamu sudah melakukan berbagai hal yang dikemukakan di atas? Tunggu apa lagi, ajukan kenaikan gajimu hari ini! (Sbg/Ary)

Comments