mengatur keuangan
Sabigaju.com – Momentum tahun baru memang momen yang tepat untuk mengevaluasi apa saja yang telah kita capai pada tahun sebelumnya, dan resolusi apa yang sebaiknya kita capai tahun ini.  Bila Anda sudah menyusun daftar resolusi tahun baru, apakah mengatur keuangan sudah masuk di dalamnya?
Awal tahun merupakan momen yang tepat juga untuk Anda mengatur keuangan. Face the number itu perlu agar financial freedom bisa Anda capai sedini mungkin. Nah, berikut ini beberapa cara mengatur keuangan yang mungkin bisa Anda tiru untuk mengawali tahun 2018 ini. Simak selengkapnya, yuk!

1. Face The Number

Face the number yang dimaksud adalah mencatat dengan detil apa saja kebutuhan harian,  bulanan, hingga utang, dan tagihan yang harus dibayar. Terlihat sepele, tetapi sadar atau tidak banyak orang yang enggan menghadapi angka-angka ini sehingga mereka cenderung membayarnya saja atau bahkan melakukan pembayaran dengan telat.
Face the number bisa membantu Anda membuat strategi keuangan selama setahun sehingga tidak ada lagi alasan kebutuhan tidak tercukupi dan tidak mampu menabung padahal income terus bertambah. Dengan ini, Anda menjadi tahu dimana posisi keuangan Anda saat ini. Dengan demikian Anda lebih mudah menentukan pos pengeluaran mana yang sebaiknya ditekan dan pos pengeluaran mana yang memungkinkan untuk dialihkan pada tabungan.

2. Marry Your Bank

Salah satu fanspage financial advisor yang layak Anda ikuti di Facebook maupun follow di Instagram adalah Jouska Indonesia. Secara rutin perusahaan ini aktif mengedukasi followersnya soal melek finansial. Salah satunya adalah tentang memilih bank.
Jouska mengunggah notes tentang “Marry Your Bank” beberapa waktu lalu. Tulisan yang ditulis langsung oleh Aakar Abyasa Fidzuno, CEO dari perusahaan financial advisor tersebut mengemukakan tentang pentingnya menjalin hubungan dengan bank.
Maksudnya, hubungan kita dengan bank itu layaknya hubungan pernikahan yang membutuhkan kesetiaan. Aakar mengungkapkan bahwa lebih baik memilih satu bank yang paling pas dengan profil keuangan Anda dan menggunakan fasilitasnya dengan penuh seperti tabungan, kredit, KPR,  deposito, dan produk lainnya yang membuat Anda menjadi nasabah prioritas.
Keuntungannya tentu ada banyak. Namun salah satunya adalah merapikan catatan keuangan Anda. Mengutip tulisan Aakar, dengan menyederhanakan penggunaan bank pada 1 nama akan membuat keuangan pribadi kita lebih accountable. Bonusnya, Anda akan lebih mudah mengevaluasi kesalahan-kesalahan finansial yang terjadi.

3. Belajar Berinvestasi

Bila dipikiran Anda membeli emas masih termasuk investasi,  maka Anda perlu membaca lebih banyak lagi artikel tentang finansial yang fokus pada persoalan investasi. Investasi ada banyak macamnya mulai dari produk pasar modal hingga tanah dan sebagian orang juga menyebutkan emas.
Namun, sebelum memilih investasi, lebih baik kenali dulu setiap produknya dan pilih yang sesuai kebutuhan Anda. Maka dari itu, penting untuk memetakan rencana finansial Anda dalam jangka panjang.

4. Hindari Middle Income Trap

Bila Anda berada di usia 20 hingga 30-an, bisa jadi Anda termasuk kelas menengah di Indonesia. Ada hal-hal yang perlu Anda cermati bila berada di kelas ekonomi ini.
Pertama, bila penghasilan Anda terus meningkat, tetapi kemampuan menabung dan berinvestasi Anda tidak ikut meningkat. Sementara pengeluaran untuk kebutuhan sekunder dan tersier justru naik terus-menerus. Kalau ciri-ciri tersebut ada pada kondisi keuangan Anda, maka awal tahun ini jadi momen tepat untuk perlahan menghentikannya.
Seringkali kelas menengah ini berakhir dengan kondisi keuangan yang begitu-begitu saja, bahkan bisa memburuk karena terjebak pada middle income trap. So, buka mata, buka pikiran, catat ulang dan kelompokkan kebutuhan hidup Anda serta masukkan tabungan sebagai kewajiban. Lebih baik lagi kalau Anda segera mendaftarkan diri untuk berinvestasi seperti pada saham, obligasi, maupun reksadana. Saat ini berinvestasi di pasar modal lebih mudah dan murah.
Nah, cukup 4 cara tersebut yang bisa Anda lakukan untuk mengawali tahun ini dengan memperbaiki kondisi finansial. Intinya, cermat dan berani hadapi angka-angkanya. Selamat mencoba! (Sbg/Er)
Comments