Sabigaju.com –  Memasuki minggu kedua September 2020, ada sejumlah peristiwa yang mengemuka dan menjadi atensi dan perbincangan publik serta netizen di berbagai lini media sosial

Mulai dari viralnya pintu anti maling  di sebuah rumah, penetapan PSBB Total di Jakarta hingga menyalanya lampu di seluruh lantai Wisma kemayoran yang diduga lantaran penuh dengan pasien Covid-19.

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu kedua September2020.

BACA JUGA: Memakai Masker Saat Ini Bukan Soal Nyaman Nggak Nyaman 

1. Lampu Rs Kemayoran Menyala Semua

Di Minggu kedua September 2020 Publik dan netizen ramaimemperbincngkan Sebuah foto menampilkan bangunan RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran pada malam hari menjadi viral di dunia maya sejak Rabu (09/9).

Foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @EricHermansyah seorang Dokter Spesialis Paru di Jakarta Timur, hasil jepretan milik rekannya yang bertugas di RS Darurat tersebut. Melalui foto itu Eric ingin mengingatkan masyarakat bahwa kasus corona semakin bertambah, terutama di Jakarta.

Sebagai dokter yang juga menangani pasien corona, Eric menaruh perhatian besar kepada masyarakat untuk dapat mengontrol keinginan pergi keluar rumah di tengah situasi sulit sekarang ini.
“Hindari pergi ke keluar rumah kecuali untuk keperluan penting, bukan untuk bersenang-senang sambil menerapkan protokol kesehatan dengan benar,” tuturnya.

Belakangan Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian yang merupakan penanggung jawab Wisma Atlet Kemayoran menyatakan bahwa lampu-lampu yang menyala di hampir semua ruangan di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran itu merupakan bentuk kesiapan untuk menerima pasien baru corona.

2. Tank Tabrak Gerobak Bakso

Di Minggu Kedua September 2020 Masyarakatdihebohkan dengan beredarnya sebuah video viral yang merekam detik-detik sebuah tank milik TNI seruduk gerobak gorengan di pinggir jalan.

Dalam video berdurasi 19 detik yang diunggah di berbgai media sosial pada Kamis, 9 September 2020 tersebut, terlihat sebuah tank sedang melintasi jalan yang diketahui berada di Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Normal day in Russia#bukankalengkaleng

Posted by Yoga Bayu on Thursday, September 10, 2020

Namun saat tank berikutnya dalam kecepatan kencang akan berbelok terjadi sebuah insiden yang tidak diduga. Kendaraan lapis baja berukuran besar tersebut tergelincir tanpa bisa dikendalikanselanjutnya menabrak sebuah gerobak penjaja gorengan beserta beberapa motor yang sedang terparkir.

Melihat video tank tabrak gerobak tersebut di Bandung, netizen pun banyak yang memberikan komentarnya.

BACA JUGA: Dear Jakartans, Kita Stay At Home Dulu Yah! 

3. Pemberlakuan PSBB Total di Jakarta

Hal lain yang menjadi perbincangan publik dan netizen pada minggu kedua September 2020 adalahsoal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memutuskan untuk menerapkan  PSBB total n pada Senin 14 September 2020 mendatang.

Hal ini dilakukan lantaran angka penularan Virus Covid-19 tak bisa ditekan dengan adanya pelonggaran.

View this post on Instagram

Pemprov DKI Jakarta resmi menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebagai langkah kebijakan rem darurat (Emergency Brake Policy) untuk menekan penularan pandemi COVID-19. Berikut poin-poin yang harus diperhatikan: 1. Kegiatan perkantoran di Jakarta harus tutup dan bekerja dari rumah (work from home). Hanya ada 11 bidang usaha yang tetap berjalan dan tidak boleh beroperasi penuh seperti biasa. Jumlah karyawan dibatasi. 2. Seluruh tempat hiburan harus tutup, termasuk Ancol, Ragunan, Monas, dan taman-taman kota. 3. Kegiatan belajar tetap berlangsung dari rumah. 4. Usaha makanan diperbolehkan, tapi tidak boleh makan di tempat. Hanya untuk dibawa pulang atau diantar. 5. Tempat ibadah terbatas hanya bagi warga setempat dengan menerapkan protokol yang sangat ketat. 6. Transportasi publik dibatasi dengan ketat jumlah dan jam operasionalnya. Ganjil-Genap untuk sementara ditiadakan. Teman-teman mari kita jalankan pembatasan sosial secara serius dan dengan disiplin yang tinggi. Maksimalkan untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Juga melakukan 3M: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak 1-2 meter. #JagaJakarta #JakartaTanggapCorona #HadapiBersama #remdarurat #PSBBJakarta Foto: Azis

A post shared by Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta) on

Saat PSBB total diberlakukan natinya semua perkantoran akan bekerja dari rumah. Sedangkan perkantoran non-esensial harus menjalankan seluruh kegiatannya dari rumah.

Namun rencana penerapan PSBB di Jakarta membuat beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju kurang berkenan dan mengkritik kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

4. Viral Pintu Rumah Antimaling

Di minggu kedua september 2020 publik dan netizen ramai membicarakan sebuaah pintu rumah unik dan juga aneh yang beredar di media sosial yang diunggah seorang pengguna @fiaanindy.

Dia menunjukkan sebuah pintu di lantai dua rumahnya yang merupakan akses menuju balkon.

@fiaanindy

Papa,mengapa rumahmu berbeda?😌 #rumahkuanehcheck #foryou #fyp

♬ Dominique Koplo – yofve squidward

Penampakan pintu dari luar rumah tampak biasa saja, tetapi saat dilihat dari dalam ternyata pintu tidak terhubung dengan lantai rumah.

Jadi, saat dibuka akan membuat orang yang membuka pintu langsung jatuh ke lantai satu.

Unggahan itu pun mendapatkan respons beragam dari netizen. Mereka menyebut bahwa pintu itu inovasi kreatif yang bisa mengecoh maling.

BACA JUGA: Pembukaan Bioskop Kembali Ditunda, Balik Lagi ke Streaming

5. Paguyuban Kandang Wesi Tunggul Rahayu

Di Minggu Kedua September 2020 masyarakat dan netizen dihebohkan dengan ulah sebuah organisasi yang menamakan diri Paguyuban Kandang Wesi Tunggul Rahayu di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Banyak yang menilai kalau Paguyuban Kandang Wesi Tunggul Rahayu ini mirip dengan organisasi Sunda Empire yakni mereka mengiming-imingi anggotanya dengan sesuatu.

Jajaran Kepolisian Polres Garut menemukan dugaan adanya penipuan dalam Paguyuban Tunggal Rahayu.

lambang paguyuban yang ramai di bicarakan publik Di Minggu Kedua September 2020
(Sumber: klikanggaran.com)

Dugaan penipuan adalah adanya dana yang dipungut dari anggota sebesar Rp 100.000 hingga Rp 600.000 dari setiap anggota. Mereka juga dijanjikan akan mendapatkan uang dan deposito emas

Nah, paguyuban tersebut juga diduga mengubah lambang Negara, burung garuda. Posisi kepala burung garuda sebelumnya menoleh ke sebelah kanan (dari sudut pandang garuda) sebagaimana yang berlaku saat ini, berubah menjadi lurus menghadap ke depan.

Kemudian komposisi bagian tengah burung yang sebelumnya berisi padi-kapas, kepala banteng, pohon beringin, rantai dan bintang, menjadi bulatan berisi peta dunia dan tulisan ‘GARUDA BOLA DUNIA’. Bahkan semboyan Bhineka Tunggal Ika, berubah menjadi ‘Bhineka Tunggal Ika Soenata Logawa’.

Uang Paguyuban Kandang Wesi Tunggul Rahayu ramai di bicarakan di minggu kedua september 2020
(Foto: radartasikmalaya.com)

Paguyuban ini juga mencetak uang kertas yang bisa dijadikan alat transaksi bagi para anggotanya.

Uang kertas tersebut bergambar foto ketua organisasi tersebut. Pecahan uang yang dicetak pun beragam, mulai dari pecahan 20 ribu, 10 ribu, 5.000 hingga 1.000. (Sbg/Rig)

Comments