Sabigaju.com – Apa saja peristiwa di Minggu terakhir Maret 2020 yang menjadi perhatian dan perbincangan publik dan netizen di berbagai lini media sosial?

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu terakhir Maret 2020.

1. Saling Menguatkan Menghadapi Covid-19

Di Minggu terakhir Maret 2020 berbagai kalangan masyarakat maupun Influencer beramai ramai menyuarakan seruan untuk saling Menguatkan menghadapi COVID-19.

kabar baik ditengah Pandemi COVID-19
(Foto: Freepik.com)

Sambil menyerukan upaya saling menguatkan, publik dan netizen juga banyak yang mengecam oknum dari unsur manapun yang menjadikan bencana COVID-19 sebagai komoditas politik maupun komoditas ekonomi, seperti yang dilakukan oleh oknum yang tidak memiliki empati kemanusiaan dengan memanfaatkan kepanikan masyarakat.

Masyarakat dan netizen menilai musibah meluasnya pandemi virus corona adalah momentum untuk memperkuat solidaritas sosial sesama anak bangsa dalam menghadapi beragam bencana.

BACA JUGA: Kabar Baik Ditengah Pandemi COVID-19

2. Cicilan Motor Ditunda Setahun

Dampak meluasnya penyebaran virus corona COVID-19 ke perekonomian, juga dirasakan masyarakat termasuk nasabah yang memiliki kredit kendaraan bermotor serta kapal dan perahu motor. Untuk mengatasi dampak tersebut, Presiden Jokowi menjanjikan keringanan cicilan, hingga setahun.

Hal ini pun langsung menjadi topik perbicangan publik dan netizen di dunia maya di minggu terakhir Maret 2020.

Cicilan Motor ditngguhkan minggu terakhir maret 2020
(Foto: Instagram.com/gojekindonesia)

Dalam pernyataannya Selasa (24/3), Jokowi menjanjikan pelonggaran cicilan kredit untuk kendaraan taksi, ojek online, kapal, dan perahu motor nelayan.

“Tukang ojek, sopir taksi yang sedang kredit motor atau mobil. Juga nelayan yang kredit perahu. Tak perlu khawatir angsuran diberi kelonggaran 1 tahun. Dan perbankan dilarang kejar angsuran, apalagi pakai jasa debt collector. Itu dilarang dan saya minta kepolisian catat hal ini,” kata Jokowi.

Namun, pemberian jangka waktu bisa bervariasi, akan sesuai dengan kesepakatan bank. Bisa 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, sampai maksimal 1 tahun serta dengan memperhatikan beberapa tahap.

Masyarakat yang memiliki tunggakan kendaraan sepeda motor ataupun mobil, utamanya yang beritikad baik, wajib mengajukan permohonan restrukturisasi.

Setelah Anda mengajukan permohonan, pihak bank atau leasing akan melakukan assesment atau penilaian.Nantinya, pihak bank ataupun perusahaan leasing akan memberikan restrukturisasi berdasarkan profil debitur.

BACA JUGA: Tips Tetap Waras di Tengah Pandemi COVID-19 

3. Heboh Hantavirus

Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia, pada minggu terakhir maret 2020 publik dan Netizen heboh membahas kabar pria di Provinsi Yunnan, China, meninggal dunia usai terinfeksi hantavirus.

Hantavirus sendiri sebenarnya bukan virus baru karena telah sejak lama diidentifikasi oleh ilmuwan dan praktisi medis. Penyakit ini bersifat zoonosis dan menular dari tikus ke manusia.

eboh antavirus di Minggu terakhir Maret 2020
(Sumber: Seattle Times)

Saat awal terjangkit virus ini, gejala yang muncul antara lain kelelahan, demam, nyeri otot terutama pada paha, pinggul, punggung, dan bahu. Dalam beberapa kasus, pasien juga merasakan sakit kepala, kedinginan, mual, muntah, hingga diare.

Sejauh ini, belum ada pengobatan spesifik maupun vaksin untuk menangkal hantavirus. Kendati begitu, pasien akan punya kesempatan besar untuk sembuh jika ia segera mendapatkan perawatan intensif.

4. Ujian Nasional 2020 Dibatalkan

Di,minggu Terakhir Maret 2020 Publik dan Netizen ramai menyambut hangat as keputusan Pemerintah untuk meniadakan ujian nasional tahun 2020.

UN pada 2020 dibatalkan lantaran pemerintah mengedepankan kesehatan dan keamanan para siswa serta keluarga mereka di tengah wabah Covid-19.

Pemerintah menilai akan berbahaya bagi para siswa dan keluarga mereka jika Ujian Nasional tetap dilaksanakan. Sebabnya akan terjadi penumpukan orang dalam jumlah banyak di satu tempat jika Ujian Nasional tetap diadakan.

Jika sesuai jadwal, seharusnya UN SMA/MA akan dilaksanakan pekan depan tanggal 30 Maret-2 April 2020 dan untuk SMP/Mts mulai tanggal 20 April-23 April.

BACA JUGA: Physical Distancing: Pentingnya Menjaga Jarak Fisik Bukan Hati 

5. Physical Distancing

Hal lain yang ramai dibahas Publik dan netizen di Minggu Terakhir Maret 2020 adalah upaya sosialisasi kata Physical Distancing sebagai pengganti dari kata Social Distancing.

 

Alasan penggunaan frasa Physical Distancing ini adalah, untuk mengklarifikasi bahwa ada perintah untuk berdiam diri di rumah demi mencegah virus corona. Namun bukan berarti kita memutus kontak dengan teman atau keluarga secara sosial.

Dengan penggunaan frasa physical distancing, diharapkan himbauan yang dikeluarkan WHO lebih jelas, yakni menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit tidak menyebar.

Dengan menjaga jarak fisik dari orang lain, hal ini dapat mencegah virus menyebar dari satu orang ke orang yang lain. Namun, menjaga jarak fisik bukan berarti kita memutus hubungan sosial dengan orang yang kita cintai, dari keluarga kita. (Sbg/Rig)

Comments