Sabigaju.com – Memasuki minggu terakhir Juli 2020, ada sejumlah peristiwa yang menjadi perhatian dan perbincangan publik dan netizen di berbagai lini media sosial.

Mulai dari dugaan Catherine Wilson mabuk saat mengisi acara talkshow di sebuah televisi hingga momen sholat Jumat pertama yang berlangsung di Masjid Hagia Sophia.

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen diMinggu pertama Juli 2020.

BACA JUGA: Hagia Sophia, Monumen Kemanusiaan dan Kebersamaan

1. Sholat Jumat Pertama di Hagia Sophia

Di minggu Terakhir Juli 2020 perhatian publik dan netizen dunia tertuju ke Hagia Sophia di Istanbul, saat menggelar momen Salat Jumat perdana pada hari Jumat (24/7) kemarin.

Ini adalah ibadah umat Islam pertama yang dilakukan setelah adanya putusan 10 Juli yang mencabut status museum dari bangunan era Bizantium ini, yang sudah berjalan sejak 1934.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengikuti salat Jumat perdana di Masjid Hagia Sophia. Erdogan membacakan dua surat dari Alquran sebagai penanda dibukanya Hagia Sophia sebagai masjid.

Erdogan yang mengenakan jas hitam serta berpeci putih, terdengar fasih melantunkan dua surat dalam Al Quran yakni surat Al Fatihah dan surat Al Baqarah ayat 1-5.

Adapun lukisan dan ornamen Kristiani ditutup tirai dengan menggunakan mekanisme khusus selama waktu shalat Jumat dan waktu shalat lain.

2. Heboh Usulan Harga Rokok Rp100 Ribu Per Bungkus

Di Minggu Terakhir Juli 2020 Publik dan Netizen ramai membicarakan usulan Menteri Sosial Juliari Batubara yang dalam seminar di Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI),  mengusulkan agar rokok dijual minima dengan harga l Rp100 ribu agar tak bisa lagi diakses anak-anak.

Selain berbahaya bagi kesehatan secara fisik, Juliari menyampaikan rokok bisa menjadi pintu gerbang anak mengenal narkoba.

(Foto: Pixabay)

Menurutnya Harga rokok saat ini terlalu murah, bahkan bisa dijual ketengan atau batangan.. Juliari menyarankan, proses pembelian rokok seharusnya dipersulit.

Selain itu dengan menjual rokok dengan harga tinggi juga bisa menjadi tambahan pemasukan bagi pemerintah dari cukai.

BACA JUGA: Sederet Kebiasaan Buruk Ini Sama Bahayanya dengan Merokok

3. Boy William Terseret Kasus Carding

Di Minggu terakhir Juli 2020 publik dan netizen ramai menperbincangkan sosok Aktor sekaligus presenter Boy William , Rabu (22/7). Ia diperiksa sebagai saksi di Polda Jawa Timur oleh dalam kasus pembobolan kartu kredit yang oleh pelakunya dijadikan bisnis travel di Instagram menggunakan akun @tiketkekinian.

Boy William mengaku dirinya hanya sekali menerima endorsemen tiket pesawat murah yang ternyata hanya sebagai sarana bagi tersangka dalam melancarkan aksinya. Boy juga mengaku tidak mengetahui pasti berapa harga tiket tersebut.

Boy William ramai dibicarakan publik dan netizen di Minggu terakhir Juli 2020
(Foto: Instagram.com/boywilliam17)

Aktor yang kini berusia 28 tahun tersebut tak menyangka jika pihak yang bekerja sama dengannya merupakan pelaku kejahatan.

Ia juga mengaku tidak mengecek kembali company atau perusahaan mereka. Saat itu dirinya melihat mereka membutuhkan jasa promosi, sementara dirinya memang sebagai penyedia.

Boy William mengambil kerja sama tersebut karena merasa saling menguntungkan. Namun, karena tanpa melakukan re-check, ia tidak menyangka jika pihak yang bekerja sama dengannya merupakan pelaku kejahatan. Ia pun tak menyangka harus berurusan dengan polisi.

4. Heboh Indomie Rasa Sangsang Babi

Di Minggu Terakhir Juli 2020 Netizen heboh dengan Beredarnya foto yang memperlihatkan kemasan mie instan  Indomie. Pada foto seolah terdapat produk mie instan dengan varian “Rasa Saksang Babi”.

Namun belakangan Pada senin, 20 Juli 2020, pihak PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk membuat klarfikasi. Pihak Indofood menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah hoaks. Indofood hanya memproduksi produk halal.

Hal itu disampaikan melalui akun media sosialnya. Pihak Indomie juga menegaskan, komitmennya bahwa seluruh produk Indomie halal dan aman dikonsumsi. Berikut secara lengkap klarifikasinya:

“Hai Indomielovers! Kami berkomitmen bahwa seluruh produk Indomie sudah mendapatkan sertifikasi HALAL dari MUI agar aman dan halal dikonsumsi, jadi kamu ngga perlu khawatir. Kami selalu memastikan keamanan & kehalalan produk Indomie selalu terjaga, demi kenyamanan kamu.”

BACA JUGA: Berhenti Jadi Artis Sanksi Buat Artis yang Gunakan Narkoba

5 Dugaan Catherine Wilson Nge Fly di Acara Talk Show

Di Minggu keempat Juli 2020 Publik dan netizen atherine Wilson tengah menjadi bahan perbincangan netizen di Twitter.

Sebuah video saat Catherine menjadi bintang tamu di acara Ini Weekend yang dipandu Sule dan Andre pada Oktober 2019 lalu menjadi viral di dunia maya.

Netizen membahas soal tingkah laku Catherine di acara tersebut. Karena tak bisa diam dan terus menggerak-gerakan tubuhnya, netizen menduga perempuan 39 tahun itu sedang nge-fly alias teler saat menghadiri acara tersebut.

Bukan cuma tubuhnya saja yang bergerak, tapi kepalanya juga kerap bergerak ke kiri dan kanan. Selain itu, aktris yang akrab disapa Keket ini juga sesekali memainkan bibirnya.

Comments