Sabigaju.com – Memasuki minggu ketiga November 2020, ada sejumlah peristiwa yang mengemuka dan menjadi atensi dan perbincangan publik serta netizen di berbagai lini media sosial.

Mulai dari pulangnya Habib Rizieq ke tanah air hingga gempa aceh yang menjadi perbincangan hangat di berbagai lini media sosial

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu ketiga November 2020.

BACA JUGA: Siapkan Dirimu Mengantisipasi Bencana Banjir 

1. Gempa Aceh

Memasuki Minggu ketiga November 2020 perbincangan tentang Gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Aceh dan sekitarnya dini hari tadi, Sabtu (14/11/2020) sekira pukul 01.33 WIB ramai di berbagai lini media sosial.

Bahkan warga Twitter sehingga menjadikan kata kunci ” gempa” sebagai salah satu topik yang paling banyak disebutkan hari ini.

Guncangan gempa dirasakan oleh masyarakat yang ada di Banda Aceh dan Lhokseumawe.

Banyak dari netizen yang menyebarluaskan informasi soal gempa, banyak juga yang menyampaikan doa bagi masyarakat Aceh dan berharap gempa tidak berkelanjutan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menyebut dalam analisisnya, bahwa gempa yang terjadi ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.Dan dari hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menyebutkan bahwa gempa ini tidak memicu potensi tsunami.

2. Agnes Mo Masuk Daftar 100 Perempuan Tercantik Dunia

Memasuki minggu ketiga November 2020, nama penyanyi Agnez Mo menjadi buah bibir di kalangan publik dan netizen setelah masuk dalam daftar 100 wanita tercantik di dunia 2020 versi TC Candler.

Ini bukan pertama kali dia dinominasikan. Tahun lalu, Agnez juga terdaftar bersama Maudy Ayunda dan Cinta Laura, Raisa, Ayu Ting-Ting, Citra Kirana, dan Raisa.

Penyanyi Agnez Mo menjadi prbincangan di Minggu Ketiga November 2020
(Foto: Instagram.com/agnezmo)

Sementara untuk nominasi wajah tertampan dunia, ada tiga aktor dari Indonesia, yakni Yoshi Sudarso, Peter Andrian Sudarso, dan Richard Kyle.

TC Candler memang setiap tahunnya mengumumkan 100 perempuan tercantik dan 100 pria tertampan yang berasal dari kalangan selebriti dunia.

BACA JUGA: RUU Minol Bikin Punah Minuman Keras Tradisional Indonesia?

3. Pro Kontra RUU Minol

Memasuki Minggu Ketiga November 2020 Publik dn netizen rami meperbincangkan rancangan Undang-Undang Larangan Minuman Beralkohol (RUU Minol) yang akan dibahas DPR.

Pendapat pro dan kontra berseliweran di berbagai lini media sosial.RUU tersebut menjadi sorotan karena mengatur Ada pidana penjara maksimal dua tahun atau denda maksimal Rp50 juta.

Berbagai Jenis Minuman beralkohol
(Foto: Pixabay.com)

Sanksi pidana dan denda itu bisa ditambahkan bila peminum dinilai mengganggu ketertiban umum atau mengancam keamanan orang lain.

Tak hanya mengonsumsi, RUU Minol juga melarang setiap orang yang menyimpan, memproduksi, memasukkan, menjual atau mengedarkan minuman beralkohol.

Umumnya mereka yang mendukung RUU ini beralasan bahwa aturan itu memberi harapan untuk membawa Indonesia semakin semakin bermartabat, generasi mudanya lebih bijak dalam penggunaan minuman beralkohol, sebab mereka generasi calon pemimpin bangsa.

Sementaran kalangan yang kontra secara garis besar berpendapat bahwa minuman beralkohol memang perlu diatur dan diawasi, tapi tidak dilarang.

4. YouTube Down

Hal lain yang menjadi topik perbincangaan di Minggu ketiga November 2020 adalah momen youtube down. begitu banyak pengguna melaporkan YouTube mengalami error pagi ini.

Aplikasi mobile memang bisa terbuka, tetapi video tak bisa diputar. Jendela video hanya menampilkan ikon loading yang tak kunjung selesai.

Tagar #youtube down mengemuka di minggu ketiga November 2020

Beberapa komentar menyebut pengguna tidak bisa melakukan streaming, ada pula yang mengeluh tidak bisa mengakses YouTube Studio.

Selain layanan utama YouTube, YouTube TV dan YouTube Music pun dilaporkan bermasalah di banyak negara di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Selatan, Jepang, sebagian kecil Australia, dan Indonesia.

Khusus di Indonesia, laporan banyak berasal dari wilayah sekitar Jakarta. Pengguna juga ramai mengicaukan tagar #YouTubeDown di Twitter.

BACA JUGA: Sudah Waktunya Menjadikan Toleransi Sebagai Gaya Hidup

5. Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

Sorotan publik dan netizen di minggu ketiga November 2020 tertuju pada saat Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab tiba di Indonesia setelah bertahun-tahun bertahun-tahun berada di Arab Saudi.

(Foto: Instagram.com/haidar_bin_yahya)

Kedatangannya disambut massa pendukung yang menyemut di sekitar Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Hal itu membuat situasi di Bandara Soekarno-Hatta pagi disebut-sebut hampir lumpuh.

Saking ramainya massa simpatisan yang berdatangan, jalan akses menuju bandara lewat Jalan Tol Prof. Soedyatmo pun macet panjang sejak dini hari.

Situasi Tak cuma itu, akses menggunakan kereta bandara pun ikut lumpuh. Kondisi-kondisi tersebut bahkan membuat beberapa penerbangan harus ditunda alias delay. (Sbg/Rig)

Comments